Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Koordinator MKKS SMP Swasta: Siswa Kategori MBR Tidak Boleh Ditarik Biaya Uang Gedung dan SPP

Erwin Darmogo

SURABAYA (global-news.co.id) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri di Kota Surabaya sudah berakhir, Senin (28/6/2021). Bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang belum diterima SMP Negeri, masih berkesempatan mendaftar ke SMP Swasta. Tahun ini, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya bekerjasama dengan sekitar 160 SMP Swasta se-Surabaya menggelar PPDB dalam jaringan (daring).

PPDB SMP Swasta dapat diakses melalui laman ppdb.surabaya.go.id. PPDB SMP Swasta dibagi dua kategori, yaitu jalur mitra warga dan reguler. Jalur mitra warga ditujukan bagi CPDB dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sedangkan reguler untuk masyarakat umum yang tidak termasuk MBR. Pendaftaran dibuka mulai Senin (29/6/2021) sampai dengan 2 Juli 2021 mendatang.

Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Swasta se-Kota Surabaya Erwin Darmogo mengatakan, CPDB yang mendaftar ke jalur reguler pada SMP Swasta termasuk ke dalam yang tidak menerima bantuan. “Jadi, mereka ini tetap membayar uang gedung dan membayar uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). Itu yang membedakan antara jalur reguler dengan MBR,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (29/6/2021).

Erwin yang juga menjabat Kepala SMP Kristen YBPK I Surabaya ini menambahkan, untuk CPDB kategori MBR yang mendaftar ke SMP Swasta jalur mitra warga tidak boleh ditarik biaya seperti uang gedung dan SPP. Namun, lanjut Erwin, kebutuhan-kebutuhan personal CPDB harus menjadi tanggung jawab orangtua masing-masing.

Ia menjelaskan, PPDB SMP Swasta yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dapat diakses melalui laman ppdb.surabaya.go.id. Hanya saja tidak sedikit masyarakat yang bingung, karena ketika membuka laman tersebut masih banyak terdapat informasi terkait PPDB SMP Negeri.“Alangkah baiknya, informasi PPDB SMP Negeri itu ditutup dulu dan diganti dengan informasi PPDB SMP Swasta. Kemudian, tutorial pendaftaran harus disampaikan juga melalui berbagai media sosial milik Dispendik Kota Surabaya,” jelasnya.

Plt Kepala Bidang Sekolah Menengah Dispendik Kota Surabaya Tri Aji Nugroho menyatakan, sementara ini sampai dengan pukul 16.00, jumlah pendaftar di SMP Swasta melalui laman ppdb.surabaya.go.id sebanyak 2.067 CPDB. Rinciannya, 296 pendaftar jalur reguler, sisanya sebanyak 1.771 pendaftar jalur mitra warga. “Kami imbau masyarakat untuk segera mendaftar di jalur SMP Swasta,” terangnya. pur

baca juga :

Pimpin 1.000 Pengacara, Yusril Bela HTI

nasir nasir

Amnesty Internasional Sebut Prancis Bukan Juara dalam Kebebasan Berbicara

Redaksi Global News

Sisir Pantura, Gubernur Khofifah Gowes dan Kampanyekan Pakai Masker di Bojonegoro

Redaksi Global News