Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Kerjasama dengan Global News, PEM Akamigas Tingkatkan Branding Melalui Media Massa

Workshop yang diselenggarakan PEM Akamigas secara virtual.

BLORA (global-news.co.id) – Politeknik Energi dan Mineral (PEM ) Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas) mempercayakan branding melalui media massa sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat. Surat kabar mingguan dan Online Global News dan menjadi mitra peningkatan branding tersebut.

Selama dua hari, Senin dan Selasa (22-23/3/2021), dilaksanakan workshop bagi para civitas akademika PEM Akamigas secara virtual. Kegiatan tersebut dihadiri mahasiswa, mulai dari pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Pertimbangan Mahasiswa, para humas HIMA dan juga mahasiswa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio dan Pena Vyatra.

Direktur PEM Akamigas Perry Burhan, menyampaikan, mahasiswa perlu dilibatkan dalam kegiatan ini supaya mereka tahu tentang pentingnya branding kampus. Pentingnya peran mereka dalam menjaga citra almamater. “Mahasiswa juga bisa belajar tentang media massa dan tahu bahwa media massa juga mempunyai etika yang harus dijaga,” ujarnya.

Menurut dia, pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini perlu dimanfaatkan untuk tetap mengenalkan, menunjukkan eksistensi kampus, menyebarluaskan informasi tentang keberadaan. “Bukan saja kepada masyarakat sekitar, namun juga kepada masyarakat nasional dan bahkan kini internasional,” ujarnya.

Kondisi pandemi seperti sekarang ini, kata dia, harus pandai memanfaatkan teknologi dan jaringan kerjasama. “Sebab, hampir semua aktivitas bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka,” tegasnya.

Sementara, Pemimpin Umum Global News Erfandi Putra, sebagai narasumber pada kesempatan itu memaparkan soal Peningkatan Branding melalui Media. Dia menyampaikan branding menjadi hal penting, khususnya di sektor bisnis, jasa hingga perguruan tinggi. “Branding itu menjadi kata kunci dalam bisnis,” katanya.

Seperti diketahui, kata pria kelahiran Pamekasan ini, hal-hal yang melibatkan orang banyak sudah pasti branding menjadi bagian penting. “Mengapa? Karena dengan branding yang tepat sasaran akan menimbulkan efek yang luar biasa bagi suatu produk maupun jasa,” ungkapnya.

Lalu bagaimana branding melalui media massa dapat dikatakan berhasil?, lanjut dia,  tentunya di sini harus bisa membangun branding itu sendiri. Ada berbagai komponen bagaimana kita seharusnya membangun branding itu melalui media massa supaya berhasil.

Di antaranya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Tim Branding harus menguasai keilmuan jurnalistik, desain hingga kehumasan. Mengerti wadah yang menjadi tempat yang akan di-branding, sehingga branding yang kita kerjakan berhasil sesuai harapan.  Termasuk pemahaman materi branding hingga sasaran yang akan didapat pada branding itu sendiri. Ditunjang dengan kemampuan bahasa yang baik.

“Tim Branding harus bisa berhitung soal pemasaran. Harus paham apa yang akan kita jual. Harus paham yang akan kita dapat. Didukung dengan sarana dan prasarana memadai,” ujarnya.

Dia melanjutkan, perlu strategi supaya branding ini sesuai dengan yang diharapkan. Yakni pada internak, perlu menciptakan  Tim Branding yang kuat. Sementara pada eksternal, harus mampu menciptakan kerjasama dengan para relasi. “Bagaimana tim bisa melakukan branding secara efektif di media massa. Di sini pula kualitas tim menjadi taruhan,” tandas Erfandi.

Terpenting, kata dia, tim diberi kepercayaan penuh diikuti tanggungjawab. Terutama dalam konsep. “Selalu lakukan evaluasi setiap ada gelaran. Memilah hasil untuk dijadikan  bahan perbaikan,” pungkasnya.

Sementara itu pada hari kedua, workshop diisi dengan pemateri Redaktur Pelaksana Titis Tri Wahyanti yang membahas soal Etika Penulisan Berita dan Wartawan Global News Ahmad Sampurno yang mengulas tentang Teknik Penulisan Berita. rno

baca juga :

Polisi Gagalkan Penyeludupan 1 Ton Sabu di Pantai Anyer, Bandar Besar Asal Taiwan Ditembak Mati

nasir nasir

Kukuhkan Delapan Profesor Sekaligus, Terbesar dalam Sejarah ITS

Redaksi Global News

DKPP Minta Daerah Dukung Pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Redaksi Global News