Global-News.co.id
Nasional Utama

Jokowi Pastikan Tak Ada Impor Beras hingga Juni 2021

Dok GN
Presiden Jokowi

JAKARTA (global-news.co.id) –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia tidak akan mengimpor beras. Kepala negara juga meminta semua pihak berhenti memperdebatkan masalah impor beras.

“Saya pastikan bahwa sampai Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia,” kata Jokowi dalam konferensi video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Jokowi tak menampik Indonesia menandatangani kerjasama pengadaan beras dengan Thailand dan Vietnam. Namun, kerjasama itu hanya untuk berjaga-jaga. “Mengingat situasi pandemi yang penuh ketidakpastian, saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” tegas Jokowi.

Kepala Negara mengatakan pemerintah akan mengutamakan beras dari petani dalam negeri. Beras tersebut akan diserap oleh Perum Bulog. “Saya akan segera memerintahkan Kementerian Keuangan agar membantu terkait anggarannya,” ujar dia.

Jokowi mengakui harga beras belum sesuai yang diharapkan petani. Dia meminta semua pihak berhenti memperdebatkan masalah impor beras.  “Segera hentikan perdebatan berkaitan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” tutur dia.

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berencana untuk mengimpor satu juta ton beras. Hal ini dilakukan bukan karena pasokan beras yang kurang tapi untuk menjaga cadangan beras Bulog. Namun wacana ini memicu polemik berbagai kalangan. jef

baca juga :

Hujan Deras dan Angin, Personel Polsek Krian Bantu Warga Terdampak

Redaksi Global News

Kalah Telak dari Persija, Posisi Persikabo 1973 Tak Aman

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Gelar Surabaya Vaganza Sabtu