Global-News.co.id
Pendidikan Utama

ITS Terima 1.279 Calon Mahasiswa dari Jalur SNMPTN 2021

Kepala Sub Direktorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST MEngSc

SURABAYA (global-news.co.id) –  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 secara serentak se-Indonesia, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Pada seleksi melalui penjaringan prestasi akademik ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tercatat meluluskan 1.279 pendaftar dari berbagai wilayah di Indonesia yang tersebar ke berbagai departemen.

Kepala Sub Direktorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST MEngSc menjelaskan bahwa kuota 1.279 kursi tersebut diperebutkan oleh 10.954 pendaftar. Jumlah kuota penerimaan ini mengalami peningkatan sebanyak 257 kursi dibandingkan tahun lalu. ”Daya tampung naik karena tahun ini ada delapan prodi vokasi yang juga ikut dalam seleksi SNMPTN,” ungkapnya.

Unggul menambahkan, persentase pendaftar SNMPTN yang diterima tersebut memiliki proporsi sebesar 20 persen dari total kuota penuh mahasiswa baru ITS tahun ini. “Tingkat keketatan tertinggi ada di Departemen Teknik Informatika dengan persentase 4,7 persen,” paparnya.

Dosen Departemen Teknik Mesin ini menerangkan, sebaran pendaftar yang diterima di ITS telah sesuai dengan kuota penerimaan SNMPTN di setiap program studi. “Kami sediakan tambahan kuota sebanyak 10 persen di beberapa prodi untuk mengantisipasi siswa yang tidak melakukan daftar ulang,” imbuhnya.

Dirinya mengatakan, lulus seleksi SNMPTN 2021 bukan berarti tahapan pendaftaran sudah berakhir. Unggul berpesan agar pendaftar yang telah dinyatakan diterima untuk segera membaca pengumuman dengan seksama mengenai jadwal dan persiapan registrasi ulang secara daring.

Menanggapi momen penting ini, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT menyampaikan pesan dan harapannya kepada peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus seleksi. Ia mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru yang berhak menjadi bagian dari keluarga ITS.

Adi mengungkapkan bahwa mereka yang dinyatakan lulus adalah siswa yang hebat dan berprestasi, serta berpesan untuk menjaga prestasi tersebut selama berkuliah di ITS nantinya. “Jangan lengah sampai nanti, banggakan orangtua, almamater, dan bangsa,” pungkasnya penuh harap. tri

baca juga :

Satgas Jelaskan Alasan Syarat Wajib Tes PCR untuk Perjalanan Udara

Redaksi Global News

Vaksinasi Booster di Terminal Purabaya Terus Dimasifkan

Rasionalisasi PNS Masih Dalam Pengkajian

Redaksi Global News