Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

BPOM Pastikan Akan Hentikan Vaksinasi Covid-19 Jika Ditemukan Efek Samping

Ketua BPOM Penny Lukito

JAKARTA (global-news.co.id)  – Proses vaksinasi Covid-19 dipastikan akan dihentikan sementara jika ditemukan adanya efek samping dari vaksin tersebut. Meski begitu berdasarkan data BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) hingga kini belum menemukan adanya indikasi buruk.
“Dari pertimbangan kami berdasarkan data keamanan yang ada fase 1, 2, 3 tiga bulan ini, seharusnya tidak ada yang terjadi worst case situation. Tapi worst case situation apabila ada, nanti akan dicermati lagi,” kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam raker bersama Komisi IX DPR di Kompleks Senayan Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Penny mengatakan pihaknya akan menginvestigasi jika ditemukan indikasi efek samping. Selama proses investigasi itu, vaksinasi Covid-19 dihentikan terlebih dahulu.
“Dan apa yang akan dilakukan pemerintah, dalam hal ini BPOM akan bertanggung jawab dikaitkan dengan proses produknya, nanti akan ada investigasi. Apakah efek samping tersebut ada indikasi dengan vaksinnya nanti akan ada investigasi causalitas. Nah dalam proses investigasi tersebut vaksinasi dihentikan dulu apabila ada indikasi,” ujarnya.

Jadi, kata Penny, selama investigasi diberhentikan dulu vaksinasinya, apabila ditemukan bisa ada penarikan.

Seperti diketahui, proses vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilaksanakan di beberapa provinsi. Vaksin Covid-19 diberikan perdana ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (13/1/2021) pagi.

Ada sejumlah perwakilan yang turut dalam vaksinasi perdana itu. Meski sudah ada vaksin, Jokowi mengingatkan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. jef, det

baca juga :

Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus S Minta Hasil TMMD Dirawat dengan Baik 

gas

Polisi dan Ojol di Sidoarjo, Doa Bersama untuk Pemilu 2024 Damai

Redaksi Global News

ITS Borong Karya Terbanyak Terdanai Dikti dalam ASMI 2021