Global-News.co.id
Pantura Utama

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU, Lindra-Riyadi Paslon 02 Unggul di Pilkada Tuban 2020

TUBAN (global-news.co.id) – KPU Kabupaten Tuban menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten hasil Pilkada 2020, di Javanilla Resto, Kabupaten Tuban, Selasa (15/12/2020).
Rapat pleno dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Tuban, Kasmuri, didampingi komisioner lainnya dengan diikuti saksi ketiga paslon, Bawaslu, Forkopimda, Kesbanpol dan 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Tuban.
Dalam rapat pleno terbuka itu, perwakilan PPK maju satu – persatu membacakan perolehan hasil suara paslon di masing-masing kecamatan untuk mendapatkan tanggapan saksi paslon dan Bawaslu.
Plh Ketua KPU Tuban, Kasmuri dalam keterangannya usai pleno menyampaikan, hasil pemaparan PPK 20 kecamatan berjalan lancar tanpa kendala berarti.
Kasmuri juga menambahkan, setelah penetapan rapat pleno ini, tahapan selanjutnya pengumuman dan penetapan tiga hari. Pasca penetapan hasil rekap perolehan suara, peserta dapat mengajukan keberatan ke Mahkamah konstitusi.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Tuban, Sullamul Hadi menambahkan, pihaknya bersyukur rapat pleno tersebut berjalan lancar. Meski diakuinya ada beberapa sanggahan atau masukan dari saksi paslon, namun tidak menjadi kendala.
“Berdasarkan hasil pleno kemungkinan untuk ada upaya gugatan ke MK sangat kecil, karena semua saksi paslon bisa menerima hasil rekapitulasi,” tandasnya.
Untuk diketahui, Pilkada Tuban 09 Desember 2020 telah diikuti tiga kontestan, yakni paslon urut 01 Khozanah Hidayati – M. Anwar (AMAN) memperoleh hasil suara akhir sebanyak 170.955 suara (24,24%). Sedangkan paslon nomor urut 02 Aditya Halindra Faridzki – Riyadi (DaDi) mendapatkan hasil 423.236 suara (60,01%) dan paslon nomor urut 03 Setiajit – Armaya Mangkunegara (SetiaNegara) memperoleh 110.998 suara (15,74%).
Sementara itu, surat suara tidak sah sebanyak 15.900 suara dan untuk surat suara sah dan tidak sah sebanyak 721.089 suara dari total daftar pemilih sebanyak 944.021. (Hud)

baca juga :

Khofifah Tinjau Penjualan Hewan Kurban Online di Bangkalan

Redaksi Global News

Kapolres AKBP Lukman Cahyono Pimpin Sertijab Jajaran Polres Kediri

Titis Global News

Wisnu Wardhana Ditahan, Dahlan Iskan Dicekal

Redaksi Global News