Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

19 Karya Jurnalistik Raih Penghargaan AJP 2020 Wilayah Jatimbalinus

Wartawan Global News Titis Tri Wahyanti foto bersama dengan General Manager Pertamina MOR V CD Sasongko (kiri) usai penyerahan AJP 2020 wilayah Jatimbalinus di Java Paragon Hotel, Kamis (3/11/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pertamina mengumumkan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP), sebuah penghargaan kepada insan jurnalistik di Indonesia yang senantiasa menyajikan berbagai pemberitaan terkait Pertamina.

Setelah melalui berbagai proses seleksi yang ketat terhadap 64 karya yang telah mendaftar pada AJP tahun 2020 untuk wilayah Jatimbalinus, akhirnya ditetapkan 19 pemenang dari delapan kategori yang diperlombakan. Karya jurnalistik itu berasal dari media cetak, online maupun media elektronik. Para pemenang mendapat hadiah berupa uang tunai.

General Manager Pertamina MOR V CD Sasongko dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan AJP ini untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para jurnalis atas kinerja dan kerjasamanya dalam membangun citra Pertamina. AJP tahun ini adalah yang ke-18 kali atau berjalan 18 tahun.
“Para jurnalis telah membantu memberikan informasi mengenai perkembangan Pertamina terutama di wilayah Jatimbalinus. Dengan AJP ini diharapkan akan semakin meningkatkan sinergi Pertamina dengan media di seluruh Indonesia,” ujarnya dalam acara Penghargaan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2020 yang digelar secara luring (tatap muka) dan daring di Java Paragon Hotel, Kamis (3/12/2020).

Ia mengatakan Pertamina perlu memberikan semangat dan perhatian kepada jurnalis sehingga dapat terus memberikan informasi terkait kegiatan-kegiatan perusahaan. Apalagi saat pandemi ini, para jurnalis yang bekerja di lapangan sangat rentan tertular Covid-19.
“Terima kasih atas partisipasi teman- teman jurnalis yang tetap semangat, selalu menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita kembali dalam aktivitas normal,” ucapnya.

Dijelaskan Sasongko dengan mengangkat tema Ketulusan untuk Melayani yang telah ditetapkan sebagai tema komunikasi perusahaan dari awal tahun 2020, Pertamina mengajak insan pers mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat pelayanan, kepedulian, pengabdian, kontribusi perusahaan, keterbukaan dan transparansi atas kemajuan di bidang energi, CSR, mitra binaan, program pemberdayaan, serta pemanfaatan dan pengembangan energi untuk Indonesia yang lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu Dewan Juri AJP dr Ing Evita H Legowo dalam sambutan virtualnya mengapresiasi perubahan penilaian dalam AJP tahun ini.
Perbedaan penilaian secara berjenjang ini menurutnya akan memberikan peluang kepada para insan media untuk menjadi pemenang lebih luas dan merata.
“AJP 2020 diharapkan akan mendorong tumbuhnya karya jurnalistik yang lebih berkualitas di setiap wilayah dengan apresiasi yang diberikan secara berjenjang bagi pemenang setiap wilayah dan pemenang di tingkat pusat,” katanya.

Dalam sambutan virtualnya, Ketua PWI Jatim Ainur Rahman mengatakan pelaksanaan AJP tahun ini terbilang cukup sulit karena digelar di tengah pandemi. Kondisi ini menyulitkan para jurnalis untuk melakukan penggalian langsung untuk menyajikan informasi sesuai kaidah jurnalistik. “Semoga pandemi segera berlalu dan semua pihak kembali hidup normal dan para jurnalis pun bisa kembali melakukan liputan-liputan secara normal, dengan konten-konten berkualitas yang mencerahkan,” katanya.

Para pemenang foto bersama dengan jajaran Pertamina MOR V dan panitia acara.

Untuk diketahui Pertamina menggelar AJP 2020 di tengah pandemi Covid-19 dengan format berbeda, yakni melalui seleksi berjenjang dan dapat bersaing dengan karya jurnalistik di seluruh wilayah hingga tingkat nasional.

AJP 2020 ini mengangkat tema Ketulusan untuk Melayani. Para pemenang terbagi dalam delapan kategori yang diperlombakan yakni kategori hardnews cetak, feature cetak, feature online, feature radio, feature tv, foto essay, publikasi CSR, program kemitraan.

Dari kategori tersebut, wartawan Global News Titis Tri Wahyanti meraih juara I untuk kategori Feature Online (Kembangkan Pertashop, Kiat Pertamina Permudah Akses Energi ke Pelosok) dan juara III untuk kategori Program Kemitraan (Merugi, Pertamina Tetap Gulirkan Bantuan ke UMKM Terdampak Pandemi). ret, tri

Berikut para pemenang AJP 2020 Jatimbalinus

baca juga :

Ribuan Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al Akbar

Redaksi Global News

Penembak 51 Jamaah Masjid di Selandia Baru Dipenjara Seumur Hidup

Redaksi Global News

Diduga Prostitusi Artis, Polda Gerebek 3 Orang dalam Kondisi Bugil di Hotel Kota Batu

Redaksi Global News