Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemprov Jatim Berikan Stimulus Pajak Kendaraan Bermotor untuk Ringankan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19

Gubernur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA (global-news.co.id) – Di masa pandemi COVID-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali memberikan program social safety net pada masyarakat.
Setelah memberikan pembebasan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan memperpanjangnya hingga  31 Juli 2020, kini Gubernur Khofifah menambahnya dengan stimulus berupa diskon nilai pokok pajak kendaraan bermotor di tengah pandemi COVID-19.
Pemprov memberikan diskon sebanyak 15 persen pada pokok pajak kendaraan bermotor roda dua dan tiga. Dan diskon pokok pajak kendaraan bermotor sebesar 5 persen untuk kendaraan roda empat serta lebih.
Kebijakan diskon COVID-19 untuk pajak kendaraan bermotor tersebut akan mulai diberlakukan pada 12 Juni hingga 31 Juli 2020.
“Kami memberikan stimulus dalam bentuk pemotongan nilai pokok pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat sebesar 15 persen untuk roda dua dan tiga, kemudian 5 persen untuk kendaraan roda empat dan lebih. Semoga bisa meringankan beban masyarakat Jatim di tengah pandemi COVID-19,” kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi,  Kamis (11/6/2020).
Dengan begitu mulai 12  Juni – 31 Juli 2020 mendatang, masyarakat Jatim yang membayar pajak kendaraan bermotor akan mendapatkan dua item keringanan pajak. Pertama beban denda keterlambatan dan diskon nilai pokok pajak kendaraan.
Hal ini menjadi inisiasi program pertama kali yang ada di Indonesia di mana pemerintah provinsi memberikan potongan nilai pokok pajak bagi masyarakatnya.
Menurut Gubernur Khofifah, di tengah pandemi, tentu banyak sektor dan masyarakat yang terdampak COVID-19. Sehingga ia berharap adanya stimulus ekonomi berupa diskon ini bisa memberikan keringanan bagi masyarakat Jawa Timur sekaligus mendorong bangkitnya perekonomian di Jawa Timur.
“Ini juga bentuk terima kasih dan apresiasi kami pada masyarakat yang telah taat membayar pajak di masa pandemi. Karena selama pandemi ini tercatat ketaatan membayar pajak warga Jatim masih tinggi,” Tegas Gubernur Khofifah.
Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan diskon pajak kendaraan bermotor ini bisa melakukan pembayaran pajak melalui 46 layanan samsat induk, di layanan unggulan samsat, dan di layanan pembayaran pajak drive thru.
Serta juga bisa memanfaatkan metode pembayaran via online melalui e-samsat, Indomaret, Alfamart, Griya Bayar, Link Aja, Tokopedia,  Samsat Online Nasional, dan juga bisa melalui PT Pos Indonesia.
Yang tidak bisa adalah pembayaran melalui Samsat Keliling karena berpotensi menimbulkan kerumunan maka untuk sementara samsat keliling tidak dioperasikan.
“Diskon pokok pajak kendaraan bermotor ini berlaku bagi masyarakat yang kendaraannya pelat hitam dan pelat kuning. Baik yang kendaraannya milik perorangan maupun milik badan. Sedangkan untuk pelat merah tidak berlaku,” pungkas Gubernur Khofifah. tis, fan

baca juga :

Aturan Berubah Lagi, Syarat Perjalanan Udara Jawa-Bali Cukup Tes Antigen

Redaksi Global News

Thailand Masters 2023: Bagas/Fikri Siap Tampil

Redaksi Global News

ITS Kembali Kukuhkan Dua Guru Besar

Redaksi Global News