Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Duh, 11 Orang di Bandara Soetta Terdeteksi Positif Corona

Dari hasil pemeriksaan di Bandara Soetta diketahui 11 orang positif COVID-19. Mereka berasal dari penerbangan repatriasi atau pemulangan WNI yang berada di luar negeri.

AKARTA (global-news.co.id) – Bandara Soetta Tangerang kembali ramai dengan hilir mudik penumpang setelah kembali beroperasi.
Dari hasil pemeriksaan diketahui 11 orang positif COVID-19. Mereka berasal dari penerbangan repatriasi atau pemulangan WNI yang berada di luar negeri, bukan dari penerbangan rute domestik.
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Anas Maruf mengatakan 11 orang tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) yang naik pesawat sewa asal Italia, Neos. Adapun, nomor penerbangannya adalah NO 370 yang tiba pada Kamis (7/5/2020) malam.
“Saya klarifikasi, (orang yang positif COVID-19) itu yang baru pulang dari luar negeri. (Bandara) masih sepi, paling orang repatriasi yang datang,” kata Anas, Jumat (8/5/2020).
Dia memastikan tidak ada penumpang rute domestik maupun keberangkatan yang terjangkit virus. Terlebih, karena pemerintah sudah membuat protokol kesehatan bahwa sebelum membeli tiket pesawat harus memiliki surat keterangan sehat bebas COVID-19.
Pihaknya memang langsung mengerahkan para petugas Bandara Soetta untuk memeriksa setiap penumpang yang datang setelah dibukanya kembali bandara itu.
Setiap hari, imbuhnya, petugas melakukan screening terhadap 600-1.000 penumpang, terutama untuk WNA atau ABK kapal asing. Seperti cek suhu, wawancara juga tes cepat.
Usai mengetahui adanya penumpang yang positif COVID-19, pihak bandara kemudian berinisiatif melakukan pemeriksaan tambahan, seperti wawancara penyelidikan epidemiologi, pengamatan tanda gejala, pemeriksaan suhu, dan rapid test.
Sempat terjadi antrean panjang dan penumpukan penumpang dalam pemeriksaan kesehatan tersebut. “Ada 24 orang petugas kami yang diterjunkan di lokasi. Ditambah lima orang dokter yang sedang praktek lapangan,” katanya
Pihaknya menambahkan sebanyak 11 orang eks ABK yang terjangkit virus corona tersebut telah dibawa ke Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.
Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengingatkan PT Angkasa Pura II (Persero) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk lebih tanggap terhadap jadwal kedatangan penumpang dan sigap dalam menerapkan protokol penanganan COVID-19.
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, diwajibkan kepada seluruh operator bandara untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk dengan mengatur jaga jarak penumpang baik di saat keberangkatan maupun kedatangan di semua lokasi di bandara.
Adapun, hal ini disampaikan terkait dengan adanya kejadian penumpukan penumpang penerbangan internasional yang tiba hampir bersamaan di terminal 3 Soekarno Hatta pada Kamis (7/5/2020) siang hingga sore hari. ejo, tri

baca juga :

RSUD dr Soetomo Dapat Bantuan Matkes dan Prophylaxis dari KASAD TNI

Redaksi Global News

Jumlah BUMN Bakal Dipangkas hingga Tinggal 70 Perusahaan

Redaksi Global News

Universitas Singapura Prediksi Wabah COVID-19 di Indonesia Baru Akan Berakhir September

Redaksi Global News