Global-News.co.id
Indeks

Anggap Gagal Tangani Covid-19, Trump Hentikan Pendanaan ke WHO

Donald Trump

WASHINGTON (global-news.co.id) – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menginstruksikan pemerintahannya untuk menghentikan pendanaan untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO) atas penanganan pandemi virus corona. Sementara pemerintahannya akan meninjau bagaimana penanganan yang dilakukan terhadap krisis global itu.

Donald Trump mengatakan itu dalam konferensi pers di Gedung Putih, Selasa (14/4/2020) waktu setempat (Rabu WIB). Orang nomor satu di AS itu menegaskan, “WHO telah gagal dalam tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab.”

Lebih lanjut Trump mengatakan, kelompok itu (WHO) telah mempromosikan “disinformasi” Tiongkok tentang virus yang kemungkinan mengarah pada penyebaran virus yang lebih luas daripada yang seharusnya terjadi.

Amerika Serikat adalah donor keseluruhan terbesar untuk WHO yang berbasis di Jenewa. Negeri itu  menyumbang lebih dari 400 juta dollar (sekitar Rp 6,24 triliun) pada 2019 atau sekitar 15% dari anggarannya.

Penghentian pendanaan itu telah diperkirakan sebelumnya. Trump semakin kritis terhadap organisasi itu ketika krisis kesehatan global terus berlanjut. Dan dia bereaksi dengan marah terhadap kritik terhadap cara penanganan pemerintahannya.

Korban tewas di AS akibat virus corona Covid-19, mencapai angka 25.700 pada Selasa. Sementara jumlah kasus terkonfirmasi yang diketahui mencapai lebih dari 600.000, menurut hitungan Reuters.

Jutaan orang Amerika telah kehilangan pekerjaan dan ekonomi AS telah lumpuh karena warga telah tinggal di rumah dan kegiatan ekonomi diperintahkan untuk tutup. Semua ini membayangi peluang pemilihan kembali Trump pada November.ari

 

baca juga :

Kristia Budiyarto Jadi Komisaris Pelni, Netizen Bandingkan Nepotisme Zaman Jokowi dan Soeharto

Redaksi Global News

Syekh Ali Jaber Tak Terima Kalau Pelaku Penusukan Dianggap Gila

Redaksi Global News

4 Pedagang Terinfeksi COVID-19, PGS Tutup Sementara

Redaksi Global News