Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Guru Besar Unair Dorong Perkuat Kekebalan Tubuh dengan Empon-empon

SURABAYA (global-news.co.id) — Sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit. Terlebih saat ini, di saat dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus corona COVID-19. Maka, diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran virus corona yang semakin masif.

Prof Dr Mangestuti Agil Apt, MS

Menanggpi hal itu, Guru Besar Unair Prof Dr Mangestuti Agil Apt, MS yang fokus terhadap kajian obat-obatan tradisional memberikan pernyataan seputar pentingnya menguatkan kekebalan tubuh dengan empon-empon atau rempah tradisional. Menurutnya, sejatinya tubuh manusia yang sehat sudah dilengkapi dengan daya imun atau kekebalan tubuh yang baik untuk menjaga dari berbagai penyakit.

Namun saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit. Untuk menjaga agar imunitas tetap terjaga dengan baik, diperlukan berbagai upaya seperti adanya manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat, dan olahraga yang teratur. Kesemuanya itu sudah satu paket. Jika dijalankan dengan baik maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat.

“Tidak hanya itu, satu hal penting untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah tradisional atau yang bisa disebut empon-empon. Kunyit misalnya. Rempah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh,” katanya, Senin (2/3/2020).

Selain kunyit, kata dia ada juga jahe. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe. Atau juga bisa mengonsumsi STMJ. Selain itu, ada juga minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh. “Mari kita kembali renungkan cara hidup sehat yang sudah diwariskan oleh pendahulu kita. Sekali lagi mari kita kembali pada pola hidup sehat,” katanya.

Bahan alam itu akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh kita. Ini sudah menjadi hukum alam. Asalkan semua dikonsumi dengan teratur dan rutin. Minimal tiga kali dalam seminggu. “Dan ingat, sudah sedari dulu empon-empon sudah menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya belum banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua khasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita,” katanya. tri

baca juga :

Pelari Berbagai Kota Meriahkan ‘Airun’

Redaksi Global News

Liga 1: Matangkan Persiapan, Persik Amankan Jasa 14 Pemain

Redaksi Global News

Nekad Buka Peti Jenazah, 15 Warga Sidoarjo Terpapar COVID-19

Redaksi Global News