Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Dibutuhkan 178.000 SDM Sektor Energi

Ibrahim Hasyim (baju merah) menerima cinderamata usai menjad pembicara di Politeknik Lhoksumawe. (GN/Istimewa

LHOKSEUMAWE (global-news.co.id) Untuk mencapai target energi baru dan terbarukan (EBT)pada tahun 2025, sebesar 23 persen dari total energymix nasional, diperlukan upaya menyeluruh dan berkelangsungan, termasuk penyiapan sumberdaya manusia (SDM) nya. Setidaknya diperlukan 178.000 orang .

Hal tersebut diungkapkan Ibrahim Hasyim, Ketua Umum Alumni Akademi Migas, saat memberi kuliah umum di Politeknik Negeri Buket Rata Lhokseumawe, Selasa 16 Januari 2018 .

Menurutnya, Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menghitung untuk mendidik SDM sebanyak itu dalam jangka pendek, akan diperlukan 10 buah kampus besar, dalam setahun harus ada 256 pendidikan dan latihan (diklat) yang terdiri dari 108 diklat aparatur, 124 diklat industri dan 24 diklat masyarakat.

Target energi 23 persen dari EBT cukuplah besar mendekati jumlah energi yang dihasilkan minyak dan gas bumi. “Dan itu mengingatkan saya, bagaimana dulu Ibnu Sutowo menyiapkan SDM perminyakan, dengan mendirikan berbagai sistim pendidikan Akademi Migas dan berujung pada sistim pendidikan Akamigas 3 tahun dan Akamigas berjenjang,” ujar Ibrahim Hasyim, Rabu (17/1/2018).

Kini sudah berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Energi Mineral (STEM Akamigas) dan itupun akan berubah lagi menjadi Politeknik Energi Mineral (PEM Akamigas).

Politeknik Lhokseumawe seolah tak mau ketinggalan untuk ikut nimbrung dalam menyediakan SDM untuk Pengembangan EBT. Mereka saat ini sedang mempersiapkan pendidikan Magister terapan EBT. “Saya sangat mendukung rencana itu dan jika sudah berjalan maka akan menjadi politeknik ke 2 di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Magister Terapan setelah di Palembang. “Dengan target EBT dalam total energymix yang terus membesar dari tahun ke tahun, tidak ada pilihan lain, penyiapan sdm adalah salah satu kunci kesuksesan. (fan/*)

baca juga :

Dewan Kritisi Lumbung Pangan Jatim, Bisa Matikan Pedagang Kecil

Redaksi Global News

Cuma Satu Paslon Daftar, KPU Jatim Perpanjang Masa Pendaftaran

Redaksi Global News

Rupiah Melemah Tembus Rp14.087 per Dolar AS Pagi Ini

Redaksi Global News