Global-News.co.id
Indeks Madura

Poktan Suka Maju Wakil Jatim ke Tingkat Nasional Lomba Agribisnis dan Holtikultra

Tim penilai Kementrian Pertanian melakukan interview dengan pengurus Poktan Suka Maju.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Kelompok Tani (poktan) Suka Maju, Desa Palengaan Daya Kecamatan Palengaan meraih juara I lomba agrobisnis komoditas kedelai tingkat Jawa Timur. Atas prestasi ini, poktan binaan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Pamekasan ini jadi wakil Jatim dalam lomba yang sama di  tingkat nasional.

Tim penilai dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (28/8/2017), sudah terjun ke Pamekasan melakukan penilaian lapangan. Mereka melakukan survei dan interview secara langsung pengurus Poktan Suka Maju. Rombongan Kementan disambut langsung oleh Plt Sekkab Pamekasan Mohammad Alwi dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Ice Windarti.

Terkait keberhasilan Poktan Suka Maju jadi wakil Jatim ini, Plt Sekdakab Mohammad Alwi bangga dengan prestasi yang dicapai Poktan Suka Maju. Dia berharap setelah juara tingkat Jawa Timur, di tingkat nasional juga bisa mengukir prestasi. Setidaknya hal ini menjadi bukti bahwa karya mereka dihargai oleh masyarakat Indonesia.

“Yang paling penting bagi kami adalah harapannya tentu bukan saja yang terbaik, artinya bukan hanya pialanya. Tapi, juga substansinya nanti lomba dan prestasi ini akan bisa memacu petani yang lain agar semangat berkarya yang pada akhirnya nanti akan bisa menjadi jalan menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat petani itu sendiri. Itulah harapan kami,” kata Alwi.

Bagi poktan yang belum mendapat prestasi, lanjut Alwi, capaian prestasi oleh Poktan Suka Maju ini diharapkan menjadi motivasi. Dengan begitu ke depan Poktan di 13 kecamatan se-Pamekasan bisa meningkatkan kualitas pertanian sesuai potensi daerahnya masing-masing. Artinya tiap poktan bukan semua menanam kedelai, tapi sesuai dengan potensi wilayahnya masing masing. Bisa padi poktan tertentu kembangkan jagung, yang lain kembangkan bawang dan lainnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan  Ice Windarti berharap Poktan Suka Maju yang pimpinan  Hasanuddin juga berhasil di tingkat nasional. “Kami khususnya dan pengelola Poktan Suka Maju  dan masyarakat Pamekasan secara umum tentunya akan berharap semoga prestasinya terus berlanjut dan kembali berhasil meraih juara di tingkat nasional.  Sehingga nanti Poktan Suka Maju ini bisa mengharumkan nama daerah kita Pamekasan ini di tingkat nasional,” harapnya. (mas/*)

 

 

 

 

baca juga :

DPD SWI Silaturahim dengan Kapolres Magetan

Redaksi Global News

Badrut Tamam Ajak Jadikan Al Quran Spirit Tingkatkan Kinerja

gas

Lagarde Sebut Pemulihan Ekonomi Penuh Ketidakpastian di 2021

Redaksi Global News