Global-News.co.id
Indeks Madura

HUT Ke-72 Kemerdekaan RI, Pemkab Gelorakan Lagi Semangat Patriotisme

Loeqman Al Hakim

PAMEKASAN-(global-news.co.id) Pemkab Pamekasan berusaha menjadikan kembali peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI 2017 ini benar benar membangkitkan semangat patriotisme dan kecintaan pada NKRI. Ini karena beberapa tahun belakangan ini suasana peringatan terasa hambar.

Sekretaris Panitia Peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI Kabupaten Pamekasan, Loeqman Al Hakim, mengungkapkan penekanan untuk membangkitkan semangat patriotisme  nasionalisme dan menjaga NKRI itu merupakan tekad Bupati Pamekasan Achmad Syafii, yang disampaikan ketika memimpin pertemuan untuk persiapan kegiatan menyambut HUT kemerdekan tahun ini.

“Bapak bupati menekankan tentang pentingnya fokus membangkitkan dan mendorong kembali semangat patriotisme, nasionalisme, jaga NKRI itu. Karena beliau sadar nilai nilai kejuangan dan sejarah perjalanan bangsa, kini sudah terkikis  di masyarakat, khususnya di kalangan generasi mudanya,” kata Loeqman, Selasa (1/8/2017).

Karena itu, kata Loeqman, dalam berbagai kegiatan yang akan digelar pemkab nanti, nuansanya membangkitkan gairah cinta kemerdekaan, sejarah perjuangan, patriotisme. Karnaval karnaval yang akan digelar, misalnya fokus pada penampilan semangat patriorisme para pejuang, bukan berisi pawai pembangunan seperti biasanya selama ini.

Dalam pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke 72 Kemerdekaan nanti, pemkab akan mengundang dan melibatkan semua kelompok dan elemen yang ada di masyarakat. Perwakilan mereka nantinya harus hadir mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan, baik dari kalangan organisasi politik, keagamaan, mahasiswa, pemuda, organisasi profesi dan semua elemen dan kolompok lainnya yang ada di Pamekasan.

Pemkab juga mendorong agar masyarakat hingga desa desa memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan ini dengan membuat umbul-umbul dan hiasan lainnya yang nantinya akan dilombakan, baik antara kampung, antar desa hingga tingkat kabupaten. Itu semua agar suasananya benar benar meriah dan semangat NKRI, cinta tanah air dan patriotisme bisa terbangun.

Sementara pada saat kegiatan resepsi HUT kemerdekaan nanti, akan diberikan penghargaan pada para pejuang dan keluarganya, bakti sosial dan santunan, dan pemberian berbagai hadiah pada lomba yang digelar dalam kegiatan peringatan HUT kemerdekaan ini.

“Yang penting juga tidak boleh ada tulisan atau teman kegiatan yang bernada profokatif. Masyarakat juga tidak boleh buat tema sendiri dalam peringatan HUT tahun ini. Ini dilakukan agar tidak muncul tulisan ataupun kegiatan yang bisa memancing persoalan dan perdebatan yang meresahkan masyarakat,” ujar Loeqman. (mas/*)

baca juga :

Ribuan Nakes di Malang Prioritas Terima Vaksin

Redaksi Global News

Plt Sekdakab Lepas Keberangkatan Jamaah Haji Pamekasan Menuju Asrama Haji

Redaksi Global News

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Sediakan Call Center Cacak Jatim

Redaksi Global News