Global-News.co.id
Metro Raya

DKP Jemput Bola, Izin Kapal Makin Murah

JATIM-Pasokan-BBM-Minim,-Nelayan-Trenggalek-MenjeritSURABAYA (Global News)-Biaya pengurusan izin kapal milik para nelayan di Jatim akan makin murah. Kalau sebelumnya, untuk mengurus izin kapal dengan berat 10–30 gross tonnage (GT) melalui calo atau kurir, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 5 juta. Kini, biayanya hanya Rp 200.000.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, drastisnya penurunan biaya perizinan kapal milik nelayan tersebut setelah pihaknya melakukan upaya jemput bola untuk pemberian layanan kepada para nelayan di wilayah pesisir. Biaya Rp 200.000 yang dikeluarkan nelayan tersebut adalah untuk mengurus perizinan kapal tersebut, untuk membeli materai Rp 6.000 dan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP). “Dengan kita datangi, pemilik kapal bisa ngurus izin sendiri dan tak perlu ngurus ke Surabaya dengan menitipkan pengurusannya lewat jasa calo,” ujar Heru Tjahjono.

Jika semua persyaratan lengkap, mulai identitas hingga dokumen kapal yang dikeluarkan Syahbandar, maka surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) akan langsung dikeluarkan oleh Pemprov Jatim, melalui UPT Pelayanan Perijinan Terpadu (P2T) Badan Penanaman Modal.
Heru juga menambahkan, terobosan layanan jemput bola perizinan ini diklaim berhasil menarik minat nelayan mengurus izin SIPI kapal yang dimiliki. Dampaknya, kalau sebelumnya, dari sekitar 6.000 kapal dengan berat 10–30 GT di Jatim, yang mau mengurus izin hanya 700 kapal saja. Kini, jumlahnya naik menjadi sekitar 3.000 kapal. “Dengan begitu, kapal yang dipakai nelayan menangkap ikan statusnya legal dan resmi. Sehingga tak perlu takut dan dihantui rasa was-was lagi saat mereka melaut,” tegas mantan Bupati Tulungagung dua periode ini.
Pemprov berharap sekitar 3.000 kapal nelayan yang belum berizin, tahun 2016 ini semuanya sudah mengurus izin, agar memiliki legalitas. Heru mengaku, terobosan layanan jemput bola perizinan ini berhasil menarik minat nelayan mengurus izin SIPI kapal yang dimiliki. “Dengan begitu, nelayan tak perlu takut lagi dan harus bersembunyi saat ada pemeriksaan kapal,” tegasnya.
Ini misalnya, terlihat dari animo nelayan di Pelabuhan Pondok Dadap Malang, Prigi Trenggalek, Puger Jember, Muncar Banyuwangi, Bulu Tuban, Pasongsongan Sumenep, dan nelayan di Brondong Lamongan.
Dampaknya, jika sebelumnya, dari sekitar 6.000 kapal dengan berat 10-30 GT di Jatim, yang mau mengurus izin hanya 700 kapal saja. Kini, jumlahnya naik menjadi sekitar 3.000 kapal.”Melihat respon positif dari nelayan tersebut, kita akan terus meneruskan layanan perijinan jemput bola ini,” tegasnya.

Selain menurunkan biaya pengurusan izin kapal, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan renovasi terhadap 1.600 rumah nelayan di Jawa Timur pada akhir 2015 lalu. Pasalnya, rumah yang ada di kawasan pesisir tersebut tidak layak huni.
Program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) sendiri bekerjasama dengan Pemprov Jatim. Di mana untuk mensukseskan kegiatan ini, Pemprov Jatim mengucurkan dana hibah Rp15 miliar.“Program renovasi RTLH khusus masyarakat pesisir kita kerjasama dengan TNI AL. Pada tahun ini sebanyak 1.600 RTLH yang direnovasi,” terang Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf di Bangkalan, beberapa waktu lalu.
Gus Ipul, sapaan akrab Wagub menjelaskan, fakta menunjukkan masyarakat mempunyai impian memiliki rumah. Namun rumah yang dimiliki banyak tak layak huni seperti berlantaikan tanah dan dinding terbuat dari bambu.
Berdasarkan data tahun 2013, sebanyak 200 ribu lebih rumah warga masuk RTLH di Jatim. “Kita kerjasama dengan Kodam V Brawijaya untuk program renovasi RTLH sejak 2009. Sekarang dengan TNI AL, yang ditujukan untuk rumah yang ada di kawasan pesisir,” paparnya.
Tugas TNI selain perang, sambung Gus Ipul, juga ikut mensejahterakan masyarakat. Salah satunya memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni. Setiap rumah dialokasikan dana senilai Rp 7,5 juta.“Tetapi, praktek di lapangan lebih dari itu. Karena prajurit TNI ikut membantu yang tidak dibayar, kadang ada yang urunan. Jadi bantuan ini tidak berkurang, malah bertambah. Saya berharap tahun depan rumah warga yang direnovasi bertambah. Khusus di Madura pada tahun ini ada 500 rumah RTLH yang direnovasi,” tukasnya. bud/ins/*

baca juga :

Kerja Keras Walikota Eri Cahyadi Wujudkan Surabaya Jadi “Kota Wisata Olahraga”

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Diklat Sepakbola Pelajar

Redaksi Global News

Pasar Kapasan Pilot Project Pembayaran ILP Non-Tunai

Redaksi Global News