Mbalelo, PDIP ‘Banteng Ketaton’ Pilih Dukung Machfud-Mujiaman

 

Istimewa
Kader PDIP lama dengan Machfud Arifin usai deklarasi dukungan.

SURABAYA (global-news.co.id)– Kubu PDI Perjuangan pecah dalam menyikapi Pilkada Surabaya. Mbalelo dengan keputusan partai, Kader lama PDIP terang-terangan memilih mendukung Machfud-Mujiaman di Pilkada Surabaya dibanding paslon kader PDIP sendiri, Eri Cahyadi -Armuji. Kader yang menamakan ‘Banteng Ketaton’ ini bahkan tidak khawatir dipecat atas dukungan ini.
“Saya siap (disanksi). Dari dulu PDIP ada pesta, saya tak pernah datang. Kalau PDIP dikuyo saya datang. Nanti biar DPP yang membekukan. Biar ditampar sama rakyat PDIP, Banteng Ketaton,” kata senior PDIP Surabaya Sunardi, Senin (9/11/2020).
Sunardi mengatakan, dukungan terhadap Machfud-Mujiaman diberikan karena PDIP tidak merekomendasikan Whisnu Sakti Buana (WS) di Pilkada Surabaya. Padahal, WS merupakan kader asli PDIP, putera mantan senior PDIP Soetjipto.
“Karena itu, kami hari ini pecah bambu. Kalau 80 persen PDI Perjuangan dulu mendukung WS, sekarang kami alihkan semua ke Pak MA (Machfud Arifin,” kata pria yang akrab disapa Gus Nar ini
Gus Nar mengatakan, Eri Cahyadi yang kini diusung PDIP bukanlah kader. Dia merupakan birokrat, aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Surabaya. “Kader terbaik adalah WS, kenapa tak direkomendasi,” tuturnya.
Karena itu, bersama kader PDIP lawas dirinya akan membantu memenangkan Machfud Arifin. “Kami beralih ke MA. MA menang WS menang. Saya yakin 100 persen PDIP lari ke Pak MA,” klaimnya.
Komitman sama juga disampaikan senior PDIP Mat Mochtar. Mantan relawan Tri Rismaharini ini memastikan bahwa kader militan PDIP sudah dikuasai Machfud Arifin. “Kalau sudah dikuasai saya pastikan menang lah. Ini bantengnya, markasnya,” katanya saat berada di markas lama PDIP, Pandegiling.

Hasto Kawal Kerja Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji

 

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendampingi Calon Walikota Surabaya Eri Cahyadi bertemu dengan para pengusaha, Sabtu (7/11/2020).

Sebelumnya Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan terus mengawal kerja pemenangan Paslon Eri Cahyadi-Armuji. Upaya itu dilakukan untuk membawa paslon nomor 1 tersebut menang di Pilkada Surabaya nanti.
Hasto mendampingi Calon Walikota Surabaya Eri Cahyadi bertemu dengan para pengusaha, Sabtu (7/11/2020). Hasto ditemani sejumlah fungsionaris partai, termasuk Walikota Surabaya Tri Rismaharini.
“Secara khusus saya datang untuk mendengarkan pemaparan visi misi dari saudara Eri dan Armuji bagaimana ekonomi Surabaya bangkit dari tekanan pandemi. Apalagi, momentumnya ini semakin dekat dengan pilkada 9 Desember,” kata Hasto.
Hasto mengatakan, sejauh ini kerja-kerja pemenangan untuk Eri-Armuji berjalan baik. Sebab, berdasarkan hasil survei yang terakhir, elektabilitas pasangan Eri-Armudji terus mengungguli lawannya.
Akibat elektabilitas tinggi itu pula, Hasto menyatakan pihaknya menerima informasi soal intimidasi yang diterima oleh para kader partainya di Surabaya, termasuk Risma. tim, ine, ins