Jamaah Umrah Indonesia Mulai Berangkat ke Saudi Hari Ini

Pemerintah Arab Saudi  memberikan akses kedatangan jamaah negara lain untuk umrah termasuk dari Indonesia.

JAKARTA (global-news.co.id)  –
Jamaah Indonesia sudah mulai berangkat ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah. Keberangkatan bisa dimulai pada hari ini, Minggu (1/11/2020).
Dimulainya keberangkatan jamaah umrah Indonesia ini dibenarkan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim.
“Betul (mulai berangkat hari ini),” ujarnya melalui pesan singkat, Minggu (1/11/2020).
Menurutnya, keberangkatan jamaah ini sejalan dengan kelonggaran yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi yang memberikan akses kedatangan jamaah negara lain untuk umrah. Namun, Arab Saudi memberlakukan kriteria usia, 18 – 50 tahun.
Kemenag pun dikatakan telah melakukan pendataan untuk jumlah jamaah yang akan melakukan umrah. Namun, hingga saat ini pihaknya masih dalam tahap penghitungan dan belum selesai sehingga belum bisa menyebutkan jumlahnya.
Tapi, ia memastikan sejumlah jamaah yang berangkat umrah ini, visanya sudah disetujui oleh Pemerintah Arab Saudi.
Untuk jamaah yang berangkat  juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yakni dengan melakukan tes PCR.
“Kami mengikuti protokol kesehatan yang sesuai dengan Arab Saudi dan juga Indonesia,” kata dia.

Gunakan Saudi Airlines
Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah, untuk sementara yang diizinkan membawa umrah adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines. Kebijakan ini berlaku di semua negara asal jamaah yang disinggahi maskapai tersebut seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerka Serikat, Asia, dan Afrika.
Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember 2020.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai Minggu hari ini.
“Kami meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan pesawat maupun saat beribadah,” paparnya, Minggu (1/11/2020).
Pemerintah Arab Saudi saat ini telah memberlakukan pemberian alokasi visa umroh saat dalam sistem e-umrah.
Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan juga dengan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umrah, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umrah.
Keberangkatan perdana jamaah umrah dari Indonesia sudah dimulai pada Minggu (1/11/2020) pukul 10.45.
Dia mendoakan para jamaah dapat menjalankan ibadah umrah dengan mabrur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.
“Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat,” jelasnya. yan, bis, ins