Sudah Final, Setiajit Kantongi Rekom PAN di Pilkada Tuban

Istimewa
Setiajit (tengah) bersama Plt Ketua DPW PAN Jatim Achmad Rubaie (kiri).

SURABAYA (global-news.co.id) – Bakal Calon Bupati Tuban Setiajit bisa bernafas lega. Sebab PAN telah menegaskan surat rekomendasi untuk Setiajit dianggap final dan tidak perlu diperdebatkan lagi.
Plt Ketua DPW PAN Jatim Achmad Rubaie mengatakan, pihaknya sudah menerima salinan surat dari DPP PAN terkait rekom yang didalamnya tercantum nama Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim itu sebagai Bakal Calon Bupati Tuban.“Rekom sudah diberikan DPP PAN ke Pak Setiajit, itu sudah selesai,” katanya, Sabtu (15/8/2020)
Karena itu, imbuhnya, tidak perlu diperpanjang lagi terkait rekom Bakal Calon Bupati Tuban tersebut karena sudah dianggap final. Dia sudah menerima salinan suratnya, yang langsung ditandatangani Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.
“Seluruh komponen PAN di daerah harus tunduk pada keputusan DPP. Sebab yang memiliki kewenangan mengeluarkan rekomendasi adalah DPP,” tandas Rubaie.
Terkait dengan nama Agus Maimun yang sebelumnya mendapat rekom, Rubaie menjelaskan bahwa, apapun yang diputuskan DPP PAN harus dipatuhi. Pihaknya akan melakukan pendekatan secara internal, untuk menyelesaikan hal tersebut. “Yang penting sekarang bahwa rekom PAN atas nama Setiajit, selanjutnya akan kita selesaikan secara internal,” ujarnya.
Sementara itu, Bakal Calon Bupati Tuban Setiajit berterima kasih dengan PAN yang telah memberikan rekomendasi. Menyinggung adanya dua rekom, Setiajit menjelaskan bahwa masalah itu sebaiknya ditanyakan langsung ke PAN. “Yang pasti PAN Jatim sudah mengatakan bahwa keputusan DPP PAN sudah final,” ujarnya.
Dengan adanya rekom dari PAN tersebut, mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim itu telah mengantongi lima dukungan partai. Yakni PDIP, PAN, PPP, Hanura dan PBB. Di Pilkada Tuban, Setiajit akan berpasangan dengan Armaya Mangkunegara.
Terkait pencalonannya tersebut, Setiajit mengaku telah mengajukan pensiun dini dari jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, sesuai aturan ASN yang maju Pilkada harus mundur dari statusnya sebagai ASN. Setiajit adalah ASN eselon II yang sejatinya masuk masa pensiun tahun 2021.
“Iya (surat pengunduran diri) sudah saya kirim ke Ibu Gubernur. Mohon doa restunya saya ikut berpartisipasi di Pilkada Tuban,” katanya. hud, cty, sin