BKN Tegaskan Tidak Ada Penerimaan CPNS 2020

Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara) Bima Haria Wibisana

JAKARTA (global-news.co.id) — Badan Kepegawaian Negara (BKN) mene
Tidak ada kebijakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020. Pemerintah masih fokus mengurus penerimaan CPNS 2019 yang tertunda akibat pandemi COVID-19.
“Untuk CPNS tahun 2020 belum ada kebijakannya. Pemerintah masih akan menyelesaikan terlebih dahulu proses penerimaan CPNS 2019,” kata Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara) Bima Haria Wibisana melalui pesan singkat, Selasa (7/7/2020).
Untuk diketahui, proses penerimaan CPNS terhenti setelah seleksi kompetensi dasar (SKD). Untuk tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) belum dapat dijalankan karena adanya wabah COVID-19.
Selain itu, pemerintah masih harus menuntaskan proses seleksi CPNS untuk jalur sekolah kedinasan. Untuk jalur tersebut, tes SKD rencananya digelar bulan ini.
“Pemerintah masih akan menyelesaikan terlebih dahulu proses penerimaan CPNS 2019 yang masih tertunda tes SKB- nya. Rencana SKB akhir Agustus atau awal September-Oktober, setelah selesai tes SKD Sekolah Kedinasan. Tapi semua masih harus mendapat persetujuan Gugus Tugas COVID-19,” tuturnya.
Di samping itu, kata Bim,  hingga saat ini belum ada usulan kebutuhan PNS baru dari masing-masing instansi pemerintah. “Belum ada usulan yang masuk dari instansi,” ujarnya. dja, yan, ine