KASAD Pimpin Prosesi Pemakaman Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo

Antara
Pemakaman jenazah mantan KASAD Alm Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (14/6/2020). Upacara pemakaman dipimpin KSAD Jenderal TNI  Andika Perkasa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

JAKARTA (global-news.co.id) — Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Inspektur upacara pada pemakaman jenazah mantan KASAD Alm Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Pemakaman dilakukan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (14/6/2020). Upacara pemakaman dipimpin KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).
Suasana haru mengiringi prosesi pemakaman mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Upacara pemakaman secara militer berlangsung secara khidmat diawali dengan tembakan salvo dari beberapa pasukan TNI Satuan Kopassus.
Dalam suasana haru jenazah Pramono Edhie nampak dipanggul oleh enam prajurit Kopassus dan sejumlah keluarga terlihat mengiringi dari belakang menuju liang lahat. Isak tangis pun pecah saat istri Pramono Edhie Wibowo beserta anak-anaknya menyiramkan air dan kembang di atas pusara makam. Mereka nampak haru melepaskan kepergian almarhum.
Tak hanya itu suasana haru juga terlihat ketika KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan ucapan bela sungkawa kepada keluarga. Matanya nampak berkaca-kaca. Begitu pula dengan tokoh-tokoh pejabat publik yang turut hadir.
“Saya KSAD atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum. Semoga jalan dharma bhakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwah beliau mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” ucap Andika.
Prosesi pemakaman Pramono Edhie Wibowo ini tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19.
Dalam upacara tersebut, selain sejumlah pejabat TNI AD, hadir juga Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mantan Ketua MPR RI Akbar Tanjung, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Waketum DPP Partai Demokrat Syarief Hasan, Wakil Kepala BIN Letjen TNI (Purn) Teddy Laksmana, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, sebelum upacara pemakaman di TMP Kalibata, jenazah almarhum yang merupakan pejabat KASAD ke-27 ini, dilepas dari Rumah duka di Puri Cikeas Indah oleh Wakil KASAD Letjen TNI Moch Fachrudin. dja, ins