Fly Over Aloha Dianggarkan Rp 438 Miliar

Kemacetan di Bundaran Aloha menuju Bypass Bandara Juanda dan Sidoarjo bakal segera terurai. Pasalnya, Balai Besar pelaksanaan jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya akan membangun flyover atau jalan layang Aloha.

SIDOARJO (global-news.co.id) – Kemacetan di Bundaran Aloha menuju Bypass Bandara Juanda dan Sidoarjo bakal segera terurai. Pasalnya, Balai Besar pelaksanaan jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya akan membangun flyover atau jalan layang Aloha.

Pembangunan fly over Aloha, Waru, Sidoarjo masuk menjadi salah satu proyek strategis di Peraturan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkartosusila, Bromo-Tengger-Semeru, dan Selingkar Wilis serta Lintas Selatan. Dalam Perpres disebutkan mega proyek tersebut dianggarkan Rp 438 milliar yang bersumber dari APBN.

Kepala BBPJN VIII Surabaya, Ahmad Subkhi mengatakan, desain flyover Aloha ini berupa perputaran yang menghubungkan Sidoarjo-Bandara, Surabaya – Bandara atau sebaliknya. “Sudah perencanaan di sana berupa putaran flyover, baik dari Sidoarjo ke bandara, bandara – Sidoarjo, Surabaya – bandara, Bandara – Surabaya,” ujarnya, kemarin.

Subkhi mengaku desain flyover Aloha ini sudah dibuat dan tinggal menunggu instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mengingat pemerintah pusat memiliki skala prioritas pembangunan. Sudah perencanaan di sana berupa putaran flyover, baik dari Sidoarjo ke bandara, bandara – Sidoarjo, Surabaya – bandara, Bandara – Surabaya.

Meski demikian, perencanaan pembangunan yang diajukan BBPJN VIII belum tentu semua langsung terpenuhi, karena harus berebut dengan provinsi lain. Pemerintah pusat akan memprioritaskan daerah yang membutuhkan pembangunan. “Berdasarkan skala prioritas. Kita punya alokasi tidak semua terpenuhi karena berebut dengan provinsi lain. Paling penting dulu,” terangnya.

Adik kandung Menkopolhukam, Mahfud MD itu tetap menilai proyek flyover Aloha kebutuhan mendesak untuk mengurai kemacetan jalan, terutama menuju ke Bandara Juanda. trb