Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Hari Ini, Peserta PPDB SMKN Mulai Daftar Ulang

Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman

SURABAYA (global-news.co.id)-Ribuan peserta yang diterima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri di Jawa Timur, diimbau segera melakukan proses daftar ulang. Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim memberikan kesempatan selama dua hari untuk daftar ulang, terhitung mulai Jumat (7/7/2017) hingga Sabtu (8/7/2017) besok.

“Kami mengimbau bagi siswa yang sudah diterima segera melakukan daftar ulang mulai tanggal 7 hingga 8 Juli 2017,” tutur Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman, Jumat (7/7/2017).

Dalam pelaksanaan daftar ulang, Saiful juga menegaskan agar sekolah tidak menarik uang sepeser pun. Sebab, segala proses dalam PPDB ini diberikan secara gratis untuk masyarakat. “Tidak ada biaya pendaftaran dan sekolah juga tidak boleh meminta bayar SPP langsung di awal hari pertama sekolah,” tutur dia.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMK Dindik Jatim, Hudiyono mengungkapkan, secara umum jumlah peminat SMK sudah cukup tinggi. Hanya saja, sebaran pendaftar terpusat di beberapa jurusan yang dianggap masyarakat lebih menjanjikan peluang kerjanya.

Hudiyono mencontohkan, jumlah pagu SMK total di Surabaya sebanyak 6.153 kursi dan pendaftarnya hingga pukul 18.00 mencapai 6.736 siswa. Di Sidoarjo, jumlah pagu total SMK tersedia 1.954 kursi dan peminat SMK total sebanyak 3.925 siswa.

“Di daerah lain juga seperti itu trendnya. Pendaftar SMK terpusat di beberapa jurusan favorit,” lanjut Hudiyono

Sepinya sejumlah jurusan diakui Hudiyono karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap peluang kerja yang ada. Padahal, jurusan tersebut sebenarnya justru banyak dibutuhkan. “Karena itu kita akan dorong sekolah untuk pro aktif memberi pemahaman pada masyarakat dan mempromosikan inovasi-inovasinya,” pungkasnya. * suc, nas

baca juga :

Usai Divaksin, Jokowi Langsung Beraktivitas

Redaksi Global News

Menteri Kesehatan Setujui PSBB Kota Pekanbaru

Redaksi Global News

Gerakan Peduli Lingkungan SIG Berhasil Kumpulkan 566 Karya Inspiratif

Redaksi Global News