Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Lagi, PWI Jatim Gelar UKW di Surabaya

Ketua PWI Jatim__Akhmad Munir

SURABAYA (global-news.co.id)-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) di Surabaya. Rencananya, program UKW ini digelar pada 17-18 Juli mendatang di kantor PWI Jatim, Jl. Taman Apsari Surabaya.

Selain UKW, PWI juga akan menggelar Safari Jurnalistik. “UKW didahului dengan Safari Jurnalistik oleh PWI Pusat,” kata Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir, Jumat (7/7/2017).

Munir menjelaskan, Safari Jurnalistik rencananya hanya digelar setengah hari pada 17 Juli 2017. Selanjutnya setelah salat Dhuhur digelar UKW sampai 18 Juli 2017. “UKW ke-19 ini digelar berkat kerja sama PWI Jatim dengan manajemen Bank Mayapada,” terang Munir.

Menurut Munir, kerjasama ini tidak hanya sebatas UKW. Bank Mayapada juga berkomitmen mendukung kegiatan PWI Jatim, berupa beasiswa bagi wartawan anggota PWI mengikuti pendidikan program magister (S-2) di Universitas Airlangga sebanyak 10 wartawan, beberapa kali UKW, dan media gathering tentang perbankan. “Insya Allah, dari kerja sama dengan Bank Mayapada ini akan digelar 2 kali UKW pada 2017,” jelas Munir.

Ia menambahkan, UKW angkatan ke-19 ini akan diikuti maksimal 50 peserta. Para peserta dikelompokkan dalam kelas muda, madya, dan utama. Bagi calon peserta yang berminat mengikuti UKW bisa menghubungi sekretariat PWI Jatim, dengan batas akhir pendaftaran dan kelengkapan persyaratan pada 10 Juli 2017.

“Calon peserta wajib memenuhi semua syarat yang telah digariskan Dewan Pers dan PWI Pusat. Misalnya, media massanya berbadan hukum, aktif di dunia wartawan, ada surat pengantar dari pimpinan dan atau penanggung jawab redaksi, dan lainnya,” katanya.

Karena PWI Jatim telah memiliki jaringan PWI di sebagian besar kabupaten/kota di Jatim, calon peserta UKW dari kabupaten/kota saat mendaftar harus melalui PWI kabupaten/kota asal. “Nanti pengurus PWI Kabupaten/Kota yang meneruskan berkas pendaftaran ke PWI Jatim,” tandas Munir.

Kegiatan UKW angkatan ke-19 ini merupakan wujud komitmen PWI Jatim meningkatkan kapasitas dan kompetensi wartawan di provinsi ini menghadapi tantangan yang makin berat. Wartawan juga dituntut terus meningkatkan kemampuan skill, wawasan, pengetahuan, dan moralitasnya di era keterbukaan seperti sekarang. “Tanpa kompetensi yang jempolan dan moralitas tangguh, tak mungkin kita mampu menjaga marwah dan khittah profesi wartawan dengan baik. Ini tanggung jawab profesi yang mesti kita pikul bersama,” pungkasnya. * nas

baca juga :

Rencana Kedatangan 500 TKA Tiongkok, Politikus PKS Ingatkan Kemenkumkam

Polri Menilai Pindahnya Masyarakat Jakarta ke Daerah Berpotensi Bawa Virus

Redaksi Global News

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU, Lindra-Riyadi Paslon 02 Unggul di Pilkada Tuban 2020

gas