Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Penuhi Kebutuhan Ramadan 1443 H, Bank Indonesia Jatim Siapkan Uang Tunai Rp 12 Triliun

Seremonial Kick Off Penukaran Uang Tunai bertajuk Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah akhir pekan lalu.

SURABAYA (global-news.co.id) –   Memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jatim menyiapkan uang tunai Rp 12 triliun. Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, Bank Indonesia bekerjasama dengan 31 Perbankan Surabaya berinovasi untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman kepada masyarakat Surabaya melalui mekanisme drive thru.

“Layanan melalui mekanisme drive thru ini baru pertama kali diterapkan di Surabaya dan ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya, “ kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Budi Hanoto seperti dikutip dari siaran pers, Senin (11/4).

Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Di drive thru ini masyarakat dapat menukar denga aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu. Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai.

Layanan penukaran secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu pada 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi 2 (dua) sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 – 15.00 WIB yang bertempat di KPwBI Provinsi Jawa Timur. Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal 3,8 juta rupiah yang terdiri dari maksimal 1 (satu) bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai dengan pecahan Rp 1.000.

Selain layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda. Pertama, layanan penukaran melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadan, dimana masyarakat dapat menukar uang rupiah di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin dan Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadan.

Pada layanan kas keliling dengan kuota penukar sebanyak 50 orang per kegiatan ini, penukar diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemesanan slot penukaran melalui aplikasi Pintar (https://pintar.bi.go.id).
Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

Sebelumnya mengawali pelaksanaan seluruh layanan penukaran uang baru tersebut, Bank Indonesia Jawa Timur menyelenggarakan seremonial Kick Off Penukaran Uang Tunai bertajuk Serambi Rupiah Ramadhan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah akhir pekan lalu. Kegiatan Kick Off yang ditandai dengan penghitungan uang dan penyematan topi pada petugas penukaran tersebut disaksikan secara langsung oleh pimpinan 31 perbankan wilayah Surabaya yang turut berpartisipasi pada layanan penukaran uang secara drive thru tersebut. (tis, fan)

baca juga :

Unjuk Rasa Penembakan Imam Masjid Al-Aqsa, 50 Warga Palestina Terluka

Pasien yang Diisolasi Sembuh Semua, Pemkot Surabaya Stop Isolasi di Hotel

Redaksi Global News

Wacana Pemindahan Ibukota, ITS Usulkan Konsep Marina dan Berbasis Iptek

Redaksi Global News