Sekolah Tatap Muka Dibuka Mulai Januari 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

JAKARTA (global-news.co.id) –
Pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah akan dimulai Januari 2021.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan bahwa keputusan ini dibuat lantaran banyaknya permintaan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan.
“Kebijakan ini (sekolah tatap muka pada Januari 2021) dikarenakan banyaknya permintaan dari pemangku kepentingan untuk kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka,” katanya saat rapat virtual dengan Kemenko PMK dan tiga menteri penandatangan SKB tersebut, Jumat (20/11/2020).
Mekanisme dan teknis pembukaan sekolah itu, kata Nadiem, diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Pemda diberi kewenangan secara penuh terkait penentuan sekolah mana yang boleh dibuka dan sekolah mana yang belum boleh dibuka.
“Kami memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, Kanwil kantor Kemenag diberikan kewenangan untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah,” ujar Mendikbud.
Karenanya, dia meminta sekolah-sekolah menyiapkan diri menghadapi sekolah tatap muka awal tahun depan itu. Kesiapsiagaan itu harus dimulai dari saat ini sampai waktu pembukaan sekolah itu dilakukan secara resmi.
“Bagi sekolah yang siap untuk melakukan tatap muka kalau ingin mempertemukan harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun,” katanya. dja, ins