Jenazah Malik Fadjar Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Profesor Abdul Malik Fadjar

JAKARTA (global-news.co.id) – Tokoh Muhammadiyah, Profesor Abdul Malik Fadjar telah meninggal dunia pada Senin (7/9/2020) sekitar pukul 19.00 di Rumah Sakit Mayapada Jakarta. Dia meninggal dalam usi 81 tahun.
Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) tersebut rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
“Bapak Prof A. Malik Fadjar akan dimakamkan pada Selasa, 8 September 2020 di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan,” demikian keterangan yang disebar kepada media, Senin (7/9/2020).
Jenazah Malik Fadjar saat ini disemayamkan di rumah duka Jalan Tebet Mas Indah Blok F1 No 8 Jakarta Selatan. Pemakaman rencananya akan dilaksanakan usai salat zuhur. “Berangkat dari kediaman ba’da zhuhur,” imbuh keterangan tersebut.
Abdul Malik Fadjar dilahirkan di Yogyakarta, 22 Februari 1939, jabatan terbaru yang pernah diembannya adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 19 Januari 2015.
Dia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada Kabinet Gotong Royong. Lulusan tahun 1972 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sunan Ampel Malang ini pernah juga menjabat Menteri Agama (Menag) pada tahun 1998-1999 di Kabinet Reformasi Pembangunan.
Sementara itu, dia mengawali karier sebagai guru SD di Taliwang, Nusa Tenggara Barat (NTB), sampai kemudian menduduki posisi puncak sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Beliau juga masih sempat aktif kembali mengajar di Universitas Islam Negeri Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang. jef, ins