Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Presiden Lebanon Sebut Ledakan Beirut Kemungkinan Akibat Bom atau Rudal

Suasana Kota Beirut porak poranda seusai ledakan dahsyat.

BEIRUT (global-news.co.id)  – Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan ledakan terbesar dalam sejarah Beirut kemungkinan disebabkan oleh bom, rudal atau gangguan eksternal lainnya. Namun, dia juga tidak memungkiri bahwa insiden mengerikan yang menewaskan 154 orang lebih ini kemungkinan juga karena faktor kelalaian.
Ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut ini menghancurkan sebagian besar wilayah Ibukota Lebanon tersbut. Lebih dari 5.000 orang lainnya terluka. Tim penyelamat hingga Sabtu (8/8/2020) hari ini masih membongkar puing-puing untuk menemukan siapa pun yang masih hidup setelah ledakan pada Selasa malam lalu.
“Penyebabnya belum ditentukan. Ada kemungkinan gangguan eksternal melalui rudal atau bom atau tindakan lain,” kata Presiden Aoun kepada media setempat yang dilansir The Jerusalem Post.
Aoun sebelumnya mengatakan bahan peledak yang disimpan dengan tidak aman selama bertahun-tahun di pelabuhan juga menjadi objek penyelidikan terkait kemungkinan sebagai penyebabnya. Bahan peledak itu, seperti diungkapkan otoritas keamanan Lebanon adalah 2.750 ton amonium nitrat.
Menurutnya, penyelidikan juga akan mempertimbangkan apakah ledakan itu terjadi karena kelalaian atau kecelakaan. Dia mengatakan 20 orang telah ditahan sejauh ini.
Seorang sumber mengatakan penyelidikan awal menyalahkan kelalaian sebagai faktor tragedi ledakan di Beirut.
Amerika Serikat mengatakan tidak mengesampingkan bahwa tragedi di Beirut akibat serangan. Sedangkan Israel, yang telah berperang beberapa kali dengan Lebanon, telah membantah peran apa pun.
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan penyebab tragedi itu tidak jelas, tetapi membandingkan ledakan itu dengan pemboman tahun 2005 yang menewaskan mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri.
Pemimpin kelompok Hizbullah Lebanon Sayyid Hassan Nasrallah, membantah laporan bahwa kelompoknya memiliki senjata yang disimpan di pelabuhan.
Dia menyerukan penyelidikan yang adil dan akuntabilitas yang ketat untuk siapa pun yang bertanggung jawab tanpa perlindungan politik. “Kalaupun ada pesawat menghantam, atau memang disengaja, ternyata (amonium) nitrat ini sudah bertahun-tahun ada di pelabuhan dengan cara seperti ini, artinya sebagian kasus itu mutlak kelalaian dan korupsi,” ujarnya.
Direktur Bea Cukai dan pendahulunya ditangkap pada Jumat malam. Di Masjid Mohammad Al-Amin Beirut, di sebelah makam Hariri, Kepala Ulama Amin Al Kurdi mengatakan kepada jamaah dalam khotbah Salat Jumat bahwa para pemimpin Lebanon memikul tanggung jawab. “Siapa penjahatnya, siapa pembunuh di balik ledakan Beirut?. Hanya Tuhan yang bisa melindungi, bukan yang korup…Tentara hanya melindungi para pemimpin,” katanya. tjp, ndo

baca juga :

Tenaga Honorer Dihapus, Pemerintah Siapkan Masa Transisi

Redaksi Global News

Gelandang Persebaya Taisei Marukawa, Pemain Terbaik Oktober 2021 versi TSG

Redaksi Global News

Aturan Investasi-Ekspor Dipangkas Lagi, RI Akan ’Impor’ Ahli Ekonomi Digital

Redaksi Global News