Hari Pertama Wisuda, Rektor Unair Tekankan Sikap Terus Belajar

Rektor Unair Prof Nasih menekankan sikap terus belajar dimanapun setelah diwisuda dalam acara wisuda hari pertama periode Maret 2020 di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus C Unair, Sabtu (7/3/2020) pagi.

SURABAYA (global-news.co.id) – Hari pertama wisuda periode Maret 2020, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak, CMA mewisuda sebanyak 1.287 lulusan. Wisuda itu berlangsung pada Sabtu (7/3/2020) bertempat di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus C Unair.

Dalam sambutannya, Prof. Nasih memberikan beberapa pesan kepada para wisudawan. Prof Nasih menekankan sikap terus belajar dimanapun setelah diwisuda. “Sikap belajar harus tetap dilakukan dimanapun saudara berada karena belajar itu tanpa mengenal status,” ungkapnya.

Prof Nasih menambahkan bahwa perubahan lingkungan dimasa depan tidak cukup dengan hanya memprediksi. Hal itu Prof. Nasih ungkapkan untuk memacu para wisudawan dapat berkontribusi nyata terhadap perubahan dalam masyarakat.

Perubahan yang ada dalam masyarakat dapat menjadi peluang para wisudawan untuk menerapkan ilmunya. Ilmu yang didapat para wisudawan menjadi bekal menyelesaikan sebuah masalah yang ada.

Para wisudawan harus bertanggung jawab menciptakan masa depan sendiri. Hal itu Prof Nasih ungkapkan kepada para wisudawan dengan tidak mengikuti arus perubahan dalam masyarakat tanpa ada sebuah kontribusi.

Prof Nasih juga menekankan tagline Unair, yaitu HEBAT, yang berarti Humble, Excellence, Brave, Agile, dan Transcendence. Lima komponen tersebut ditekankan agar para wisudawan tetap menjaga nama baik almamater. “Sesuai dengan visi Unair, saudara harus menjadi pelopor ilmu pengetahuan yang mengedepankan moralitas,” ujarnya.

Para wisudawan, lanjut Rektor ke-13 Unair itu, memiliki tugas membalas budi kepada orang yang telah berjasa selama ini. Peran orangtua menjadi posisi utama karena berkat jasa mereka para wisudawan dibiayai bahkan bekerja keras untuk kesuksesan sang anak. Peran dosen dan tenaga pendidik tidak luput untuk selalu dikenang sebagai orang yang berjasa memberikan khasanah ilmu di perkuliahan.

Pada sambutannya tersebut, Prof Nasih juga membanggakan kiprah sivitas akademika dalam meningkatkan ranking dunia. Prof Nasih menyebutkan salah satu prodi yakni kedokteran mampu berada di posisi 551-600 dunia.

Di akhir sambutannya, Prof Nasih mengucapkan selamat dan sukses untuk para wisudawan. Prof Nasih berharap para wisudawan tetap menjaga nama almamater dan memiliki karakter HEBAT. tri