RSU Haji Siapkan Layanan Inseminasi Buatan

GN/Retno Asri Lestari
Dr Ali Mahmud SpOG (KFER) didampingi dr Dian Agami Islam SpOG saat menjelaskan fungsi perangkat USG 4D kepada Direktur RSU Haji dr Adi Wirachjanto MKes (kedua dari kanan).

SURABAYA (global-news.co.id)–Bertepatan dengan perayaan Milad ke-25, RSU Haji Surabaya meresmikan beberapa fasilitasnya. Di antaranya Poli Fertilitas Endokrin dan Reproduksi yang akan membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat momongan.

Keberadaan poli ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Sebagaimana dikatakan dr Ali Mahmud SpOG (KFER), di Surabaya saja setiap bulan ada sekitar 1500 pasangan yang membutuhkan layanan fertilitas. “Dari jumlah itu yang terlayani baru sekitar 300. Jadi   potensi pasarnya masih cukup besar,” ujarnya di sela perayaan Milad-25 RSU Haji yang digelar Jumat (27/4).

Dijelaskan, di poli tersebut untuk saat ini sudah bisa dilakukan cek sel telur. “Kami masih menyiapkan SDM untuk bisa melakukan cek sperma. Kalau sudah siap, kami bisa memberikan layanan inseminasi buatan,” terang dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang juga konsultan fertilitas tersebut.

Ke depannya tidak menutup kemungkinan akan dibuka pula layanan bayi tabung. “Tapi dalam jangka pendek, kami konsentrasi ke inseminasi buatan dulu, mengingat bayi tabung juga membutuhkan peralatan yang cukup mahal,” tambahnya.

Untuk mendukung layanan di poli tersebut, RSU Haji kini dilengkapi perangkat ultrasonografi  (USG) 4 Dimensi. Dengan perangkat ini kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada janin sudah bisa terdeteksi sejak masih dalam kandungan, seperti bibir sumbing. Selain itu ibu hamil bisa melihat wajah bayinya dan  gerakan bayi yang ada di perutnya.

Fasilitas lain yang diresmikan pada kesempatan itu adalah Children Care. Ruang anak Graha Nuur Afiyah di gedung Sofa ini dilengkapi ruang rawat inap dengan 3 tempat tidur (TT) untuk pasien VVIP dan 8 TT pasien VIP. “Untuk sementara ini yang dioperasikan  baru 1 bed VVIP dan 5 VIP, karena masih terbatasnya tenaga paramedis,” ungkap Wadir RSU Haji Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr Endang Prabawati MKes.

Pada perayaan milad tersebut, juga diresmikan ruang rawat inap bedah kelas 1 untuk wanita yang memiliki 5 TT dan klinik diklat bagi kru rumah sakit.

Milad ke-25 RSU Haji juga dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat dan bazar. Sebelumnya diadakan jumpa pelanggan dan penandatanganan kontrak layanan dengan pelanggan (citizen’s charter) serta Jalin Silaturahmi dengan Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) I Kota Surabaya. ret