Pustakawan Pamekasan Raih Terbaik 2 Tingkat Nasional

GN/Istimewa
Kusairi menerima penghargaan dari Kepala Perpustakaan Nasional Moh Syarif Bando. (insert) Plt Bupati Khalil Asyari.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Perpustakaan Pemkab Pamekasan lagi-lagi mengukir prestasi tingkat nasional. Bila sebelumnya dari aspek kelembagaan, kini prestasi yang diraih adalah dari unsur sumber daya manusia (SDM).

Kusairi, pustakawan Perpustakaan Pemkab Pamekasan,  meraih juara 2 lomba pustakawan tingkat nasional yang digelar mulai tangal 13 sampai 17 Agustus lalu.

Kusairi terpilih sebagai utusan Jatim ke tingkat nasional setelah meraih juara 1 tingkat Jatim yang digelar pada tangal 3 Mei 2017 lalu. Sementara pustakawan terbaik nasional pertama diraih oleh pustakawan dari Perpustakaan UGM Jogjakarta. “Alhamdulillah kami berhasil terpilih menjadi terbaik kedua tingkat nasional. Dari 34 propinsi se-Indonesia yang bisa mengirim utusan hanya 29 propinsi. Dari jumlah itu  13 utusan perpustakaan perguruan tinggi, 10 orang dari perpustakaan daerah, ada juga dari perpustakaan sekolah dan lain sebagainya,” kata Kusairi saat ditemui Global News, Selasa (22/8/17)  kemarin.

Seleksi dalam lomba pustakawan ini dilakukan berjenjang mulai tingkat propinsi. Di tingkat propinsi pustakawan yang dikirim dari semua perpustakawan daerah, baik perpustakaan umum, perpustakaan khusus dan lain sebaaginya. “Juara 1 dari lomba tingkat propinsi itulah yang dikirim ke tingkat nasional. Dan Alhamdulillah kebetulan kami dari Pamekasan,“ ceritanya.

Keikutsertaannya dalam lomba pustakawan itu, kata Kusairi, dimulai sejak tahun 2016 lalu. Saat itu dia hanya meraih jura 2 tingkat propinsi, sehingga tidak berhak mengikuti tingkat  nasional.
Baru tahun 2017 ini, ia berhasil meraih jura 1 tingkat propinsi dan menjadi duta Jatim ke lomba tingkat nasional.

Variabel penilaian dalam lomba itu, selain aspek kognitif, wawancara,  kemitraan yang digelar perpustakaan dan lain sebagainya. Dikatakan selain masalah kekompakan tim dalam mengelola perpustakaan juga ditekankan pada  tersedianya fasilitas, kemitraan dan kerjasama dengan stakeholder lainnya untuk pengembangan perpustakaan.

Atas prestasinya itu, dia bersama 6 orang peraih juara tingkat nasional diundang Presiden Joko Widodo hadir dalam acara syukuran nasional sesudah upacara peringatan HUT kemerdekaan RI di Istana Negara pada 17 Agustus kemarin.

Dia juga mendapat undangan dari perpustakaan Propinsi Jatim untuk presentasi tentang program kemitraan yang dilakukan Perpustakaan Daerah Pamekasan selama ini.

Sementara itu, Plt Bupati Pamekasan drs Khalil Asyari mengaku senang dengan prestasi Kusairi ini. Dia berharap itu akan menjadi pemacu agar ada pustakawan lain di Pamekasan yang juga bisa meraih prestasi serupa. “Yang penting dengan prestasi ini pengelolaan perpustakaan akan makin baik. Karena itu menjadi pintu masuk majunya ilmu pengetahuan,” katanya. (mas/*)