Warga Desak Lin Gratis Kabar Diluncurkan

MOJOKERTO (global-news.co.id)–Masyarakat yang hidup di kawasan barat (Kabar) di Kota Mojokerto, mendesak Pemkot Mojokerto mengoperasionalkan angkutan umum (lin) gratis dikalangan pelajar pada jam berangkat, dan pulang sekolah itu dikawasan tersebut. Pasalnya hingga saat ini belum juga dioperasionalkan lin gratis bagi pelajar di kawasan Kabar.

Warga berharap keberadaan lin gratis ini bisa meringankan beban para orang tua, sekaligus mencegah terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di kalangan pelajar di kawasan Kabar.

Supardi warga di Kelurahan Blooto, Kec. Prajuritkulon, Kab. Mojokerto mengatakan, program lin gratis bagi pelajar jangan hanya dioperasionalkan di kawasan timur dan tengah saja. Sudah saatnya program transportasi gratis bagi pelajar ini dioperasionalkan di kawasan barat.

“Kami sudah menyampaikan aspirasi kami ke kepala kelurahan, dan petugas kelurahan juga mengatakn sudah menyampaikan aspirasi warga itu ke kecamatan Prajuritkulon,” kata Suparti, Rabu (10/5/2017).

Junaedi Malik, anggota DPRD dari PKB Kota Mojokerto mengatakan, pihaknya akan selalu menampung dan berjuang sekuat tenaga menggolkan aspirasi warga. Jika aspirasi warga itu banyak menguntungkan masyarakat banyak.

Untuk itu, Junaedi secepatnya mengkaji aspirasi warga itu, dan mengkaji program lin gratis malam hari untuk masyarakat umum. Dari kajian itu akan dinilai program mana yang bisa meringankan beban masyarakat.

Menurut dia, sebaiknya Dishub segera menindaklajuti aspirasi warga dengan mengoperasionalan lin atau bus sekolah gratis. ”Pemkot kan punya 2 unit bus sekolah, armada itu kan bisa dioperasionalkan dikawasan barat,” cetus Junaedi.

Kadishubkominfo Pemkot Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya mengatakan, aspirasi warga ditampung dan dinilai wajar. Gaguk pun menjelaskan, program angkutan gratis bagi pelajar ini akan dilakukan secara bertahap.

“Sampai sekarang tim masih bekerja. Mereka terus memantau kebutuhan armada gratis untuk mengangkut pelajar setiap harinya,” katanya. * bas