Selamatkan Sumber Mata Air Lewat Penanaman Sekitar Hutan

PWI dan Kodim 0811 Tuban melakukan survei lokasi penanaman 2000 pohon. (GN/Huda)

PWI dan Kodim 0811 Tuban melakukan survei lokasi penanaman 2000 pohon. (GN/Huda)

TUBAN (global-news.co.id) – Sebagai upaya penyelamatan ekosistem alam khususnya sumber mata air yang menjadi kebutuhan wajib makhluk hidup, PWI Kabupaten Tuban, Kodim 0811 Tuban, SMAN 1 Kerek bersama KPH Perhutani Tuban merencanakan penanaman 2000 pohon pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan Minggu, 12 Pebruari 2017 yang berlokasi di blok sumur kudu/petak 11c RPH Gaji, BKPH Kerek, KPH Tuban dengan luas sekitar 2 Hektare dengan jenis tanaman pohon mangga, trembesi, kluwih, sukun, dan mete.

Waka Adm KPH Perhutani Tuban Mukhlisin saat survei lokasi Kamis (2/2) mengatakan, menjaga ekosistem kelestarian alam memang tugas Perhutani. Dari pantauan di lokasi kebutuhan air untuk pertanian dan kebutuhan penduduk sehari-hari saat musim penghujan seperti sekarang sangat lah cukup, namun saat musim kemarau para petani dan penduduk sekitar sumur kekurangan air karena debit air berkurang.

Maka dari itu, untuk menyelamatkan sumber mata air di kawasan hutan, pihaknya kini terus melakukan upaya konservasi. Dirinya menegaskan, bahwa penanaman pohon di sekitar Sumur Kudu nanti tidak lain untuk menjaga sumber mata air itu agar tetap bisa mencukupi kebutuhan petani dan penduduk sekitar, sebagaimana komitmen PWI Tuban peduli hutan.

Sama halnya yang disampaikan Pipit Wibawanto, ketua PWI Kabupaten Tuban, dia berharap lokasi sumur kudu yang dikelilingi area tambang pabrik semen yang hanya berjarak 200 meter dari lokasi tentu perlu diselamatkan agar sumur tersebut senantiasa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan pertanian penduduk sekitar.

“Untuk penanaman nanti kita akan libatkan sedikitnya 200 siswa, anggota PWI Tuban, anggota TNI, dan masyarakat sekitar bersinergi bersama dengan tujuan sebagai langkah konkrit agar mencintai alam dan menjaga kelestarian hutan,” pungkas Pipit.(hud)