Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

8 Negara Tinjau Program KB di Banyuwangi


Para peserta berfoto bersama di acara Welcoming Dinner Ambassador Goes to Quality Family Village di Illiara Hotel Banyuwangi, Senin (13/5/2024).

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Perwakilan dari 8 negara dan organisasi internasional meninjau program-program kependudukan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Banyuwangi, dalam rangka “Ambassador Goes to Kampung KB” yang digelar 13-15 Mei 2024.

Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN RI, dr Irma Ardina MAPS, menjelaskan dipilihnya Banyuwangi sebagai tuan rumah karena Pemerintah Indonesia melalui BKKBN ingin mempromosikan Kampung Keluarga Berkualitas dan itu ada di Banyuwangi. Sebab Banyuwangi ini menjadi salah satu lokus pembelajaran untuk Kampung KB.

Banyuwangi membentuk Kampung KB sejak 2016 dan sekarang sudah memiliki 188 Kampung KB. “Kami berharap Banyuwangi bisa menjadi studi tiru untuk pengelolaan program Kampung KB lainnya. Harapannya, kita bisa mengangkat Kampung KB yang ada di Banyuwangi ini tidak hanya di taraf nasional saja, tetapi bisa bertaraf internasional,” ungkapnya Senin (13/5/2024).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku antusias saat Banyuwangi terpilih sebagai tuan rumah. “Kami sangat antusias ketika dipilih BKKBN menjadi tuan rumah kegiatan Ambassador Goes to Kampung KB pada tahun ini. Kesempatan bagi kami untuk sharing dan memperkaya program-program kependudukan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Welcoming Dinner Ambassador Goes to Quality Family Village di Illiara Hotel Banyuwangi.

Diungkapkan, di tengah kompleksitas dan tantangan global, dunia saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan terkait demografi dan kependudukan. Tak terkecuali Banyuwangi.

Sementara itu, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Nyigit Wudi Amini SSos, MSc, menjelaskan, bila dirunut dari sejarahnya, Kampung KB di Banyuwangi ini sudah bagus bahkan sudah menjadi juara pertama tingkat provinsi dan juara kedua tingkat nasional. “Kampung KB yang akan dikunjungi inilah juara pertama tingkat provinsi dan juara kedua tingkat nasional. Tidak diragukan lagi bahwa inovasi-inovasinya sudah sangat bagus,” tandas Nyigit. (adv)

 

baca juga :

Hadapi Laskar Joko Tingkir, Bali United Siapkan Variasi Serangan

Redaksi Global News

‘Jebol Anduk’, Pelayanan Perekaman KTP-el Pemkot Surabaya ke Warga

Pelapor Putra Presiden Jokowi Ditahan