Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Periode 2024-2029 Dihadiri Pjs Bupati

SIDOARJO (global-news.co.id) – DPRD Sidoarjo sejak Senin (30/9/2024) memiliki pimpinan definitif masa jabatan 2024-2029. Hal itu setelah dalam rapat paripurna dilakukan pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo masa jabatan 2024-2029.

Pada rapat paripurna ini, hadir Forkopimda, Komandan serta Kepala Kesatuan TNI dan Polri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo,  seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,  pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMN dan BUMD,  Ketua KPU dan Bawaslu serta pimpinan partai politik dan organisasi kemasyarakatan.

Pjs Bupati Sidoarjo Dr Muhammad Isa Ansori, ATD, MT, menyaksikan secara langsung pengambilan sumpah Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Abdillah Nasih dari PKB, Wakil Ketua Kayan, SH, dari Partai Gerindra serta Warih Andono, SH, dari Partai Golkar oleh Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Sri Sulastri, SH, MH, atas nama Ketua Mahkamah Agung, di Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sidoarjo periode 2024-2029, Abdillah Nasih, mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan amanah untuk memimpin DPRD Kabupaten Sidoarjo masa jabatan 2024-2029. “Dan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih dan mendukung kami dalam pemilu legislatif 2024 serta terima kasih kepada Bupati Sidoarjo beserta jajarannya yang telah mengawal jalannya pemilu legislatif 2024,” katanya.

Menurut Nasih, mengemban tugas ini adalah sesuatu yang tidak mudah, yakni sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah. “Maka kami mohon dukungan serta kerjasama kepada Pjs. Bupati Sidoarjo beserta jajarannya. Semoga kami pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo masa jabatan 2024-2029 mampu membawa aspirasi masyarakat dan bisa memberi pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat Sidoarjo dengan baik dalam dinamika pemerintah Kabupaten Sidoarjo guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sejahtera lahir maupun batin,” ucap Cak Nasih, sapaan akrabnya.

Disinggung langkah ke depannya, Cak Nasih mengatakan akan mengerjakan pekerjaan yang belum selesai, yakni pembentukan dan penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sehingga kerja-kerja produktif dari DPRD termasuk koordinasi pembahasan RAPBD tahun 2025 juga bisa dilakukan bersama-sama. “Kita ingin kebersamaan dan profesional sehingga pembangunan di Sidoarjo berjalan baik dan kerja-kerja di DPRD Sidoarjo ini didukung bersama-sama,” pungkas Nasih yang juga Ketua DPC PKB Sidoarjo ini.

Di tempat yang sama, atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoajo, Pjs Bupati Sidoarjo Isa Ansori  mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru saja melaksanakan pengucapan sumpah/janji. “Semoga dapat melaksanakan tugas dengan sepenuh hati serta senantiasa berpegang teguh pada pilar-pilar kebangsaan  yaitu Undang-undang Dasar 1945, Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Selain itu pada  momentum ini dia menyampaikan bahwa pimpinan DPRD bukanlah sekadar jabatan atau kedudukan tapi lebih sebagai amanah untuk dapat merealisasikan Kabupaten Sidoarjo yang lebih maju sejahtera bermartabat. Untuk itu kiranya pimpinan yang baru saja mengucapkan sumpah atau janji dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan melibatkan semua elemen politik dan masyarakat.

“DPRD harus menjadi sebuah simbol dari cita-cita bangsa yang ideal dan itu kita jadikan tekad untuk lebih banyak berbuat kebaikan. DPRD hendaknya hadir di tengah masyarakat menyuarakan suara masyarakat karena di tangan para wakil rakyat inilah amanat rakyat diemban serta mampu menampung dan mengakomodir keinginan masyarakat yang kian berkembang,” ucapnya.

“Besar harapan kami kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo kiranya dapat memperkuat fungsi dasar DPRD yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran, ketiga fungsi ini harus berjalan seiring saling mendukung untuk kepentingan jangka panjang daerah. DPRD juga hendaknya dapat melakukan pengawasan seksama yang responsif terhadap kebutuhan rakyat serta memastikan alokasi anggaran mampu mendorong kesejahteraan sekaligus keadilan,” pintanya.

Pada momen ini Isa mengajak semua bersama-sama bergandeng tangan dan merapatkan barisan guna menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat untuk Kabupaten Sidoarjo yang lebih maju berbudaya sejahtera dan berdaya saing sebagai bentuk pengabdian dan bakti kepada masyarakat. “Pada kesempatan yang baik ini kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan DPRD periode sebelumnya yang telah mencurahkan tenaga pikirannya untuk Kabupaten Sidoarjo,” pungkasnya. (win)

baca juga :

Wabup Subandi Bersama Forkopimda Sidak Mamin di Supermarket

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Raih Peringkat Satu Penghargaan Provinsi Berkinerja Terbaik Penerapan SPM dari Kemendagri

Israel Minta Hubungan Resmi, Indonesia Utamakan Palestina Merdeka

Redaksi Global News