Global-News.co.id
Politik Utama

Duet Ma’ruf Amin-Cak Imin Pimpin PKB, Zulhas Kembali Pimpin PAN

JAKARTA (global-news.co.id)- Sejumlah partai politik menggelar pemilihan ketua umum dalam dua hari terakhir. Partai politik tersebut adalah PAN dan PKB. Seperti sudah diduga banyak kalangan, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kembali memimpin PKB. Sebanyak 38 dewan pengurus wilayah (DPW) PKB sepakat menerima laporan pertanggungjawaban dan meminta Cak Imin untuk menjadi ketua umum kembali.

Kesepakatan itu diambil usai satu per satu perwakilan DPW menyampaikan aspirasinya terkait LPJ Cak Imin. Adapun Cak Imin mulanya menyampaikan sederet keberhasilan saat memimpin PKB. Dia menyebut bagaimana PKB bisa menghasilkan coattail effect atau efek ekor jas atas pengusungan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 kemarin. Pasangan AMIN bahkan dinilai sebagai strategi cerdas dan langkah yang berani untuk keluar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Cak Imin juga menyampaikan anggaran selama memimpin PKB yang disebutnya dilakukan secara transparan. Cak Imin juga menyampaikan kinerja legislasi FPKB DPR RI 2019-2024.

Selain Cak Imin sebagai ketum, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga resmi ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Pusat PKB masa bakti 2024-2029 melalui Muktamar ke-6 PKB di Bali, Sabtu (25/8). Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno keempat Muktamar PKB ke-6 yang telah disetujui oleh seluruh DPW PKB di 38 Provinsi Indonesia.

Cak Imin yang sekaligus mandataris tunggal Muktamar VI PKB menjelaskan alasan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin terpilih sebagai Ketua Dewan Syuro PKB. Cak Imin menyebut Ma’ruf terpilih atas kesepakatan para kiai dan ulama.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin dalam Muktamar VI PKB, Bali Nusa Dua Convention Center, Kuta Selatan, Sabtu (24/8/2024) malam. Cak Imin menyertakan video kala para alim ulama rapat menyepakati keputusan tersebut, terlihat pula dalam video tersebut Ma’ruf Amin di sana.

“Rapat para kiai dan alim ulama itulah suasana rapat para masyayikh. Kiai Nurul Huda Jazuli dari Kediri, Fahmi dari Liboryo Kediri, Kiai Aqil Siradj dari Ciganjur, Kiai Maruf Amin dari kantor wakil presiden,” ujar Cak Imin dalam rapat semalam.

Ikut serta pula dalam rapat itu Kiai Subhan Makmun dari Brebes. Pada rapat itu disepakati Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB.

“Dan beberapa kiai lainnya berdasarkan musyawarah itu para Kiai menyetujui dan mengusulkan Al Mukaromah Prof Doktor Kiai Haji Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro,” ungkap Cak Imin.

“Sebagai mandataris MPR saya menanyakan kepada muktamirin apakah usulan ini bisa disetujui?” ujar Cak Imin yang dijawab setuju oleh muktamirin.

Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) VI menetapkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029. Keputusan itu diambil dalam rapat pleno Muktamar yang dipimpin oleh Jazilul Fawaid.

“Saya selaku pimpinan sidang, apakah seluruh peserta muktamirin menyetujui Profesor Doktor Kiai Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PKB?” tanya Jazilul yang dijawab setuju oleh peserta muktamar yang lain.

Zulhas Terpilih Aklamasi

Sementara itu Zulkifli Hasan (Zulhas) sebelumnya juga kembali terpilih menjadi Ketua Umum PAN secara aklamasi. Penetapan itu dilakukan di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, pada Jumat (23/8/2024) malam. “Maka diputuskan saudaraku Zulkifli Hasan di pleno 5 menjadi Ketua Umum terpilih PAN periode 2024-2029 secara aklamasi, bulat, mufakat, dan seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam pleno.

Zulhas mengatakan bahwa dia mendapat kepercayaan dari kader-kader PAN untuk kembali memimpin Partai Matahari putih itu. “Ya Insya Allah, ini kepercayaan dari teman-teman para kader tentu amanah yang berat, tidak mudah di tengah situasi politik, persaingan politik, harapan masyarakat yang begitu tinggi. Tapi saya percaya dengan soliditas, dengan kebersamaan, dan teman-teman,” kata Zulhas. (det/cnni)

baca juga :

Piala AFF 2023: Semifinal Indonesia Kontra Vietnam, Malaysia Lawan Thailand

Redaksi Global News

Hari Ini Prabowo Panggil Calon Wakil Menteri, 49 Calon Menteri Mengaku Bersedia

gas

8 Mei: Di Jatim Positif Corona 1.281 Orang, 227 Sembuh, 141 Meninggal

Redaksi Global News