Global-News.co.id
Madura Utama

Anggota DPRD Terpilih Ucapkan Sumpah Janji Jabatan: Halili Yasin Mantan Ketua DPRD, Ditetapkan Kembali Jadi Ketua DPRD Sementara

Halili Yasin menerima SK penetapan sebagai Ketua DPRD sementara dari Ketua PN Pamekasan

PAMEKASAN (global-news.co.id)- Sebanyak 45 orang anggota DPRD Pamekasan terpilih Pemilu 2024, Rabu (21/8/2024) mengucapkan sumpah dan janji jabatan di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Pamekasan, dalam Rapat Paripurna DPRD di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. Sidang dipimpim Ketua DPRD Pamekasan periode 2019-2024 Halili Yasin.

Berdasarkan Keputusan KPU Pamekasan No. 828 tahun 2024, tanggal 12 Agustus 2024, komposisi perolehan kursi partai peserta pemilu antara lain PPP mendapat 7 kursi, PKB 7 kursi, Partai Demokrat 7 kursi, PBB 6 kursi, Nasdem 4 kursi, PKS 4 kursi, Golkar 3 kursi, PDIP 2 kursi, Gerindra 2 kursi, Partai Gelora 2 kursi dan PAN 1 kursi.

Dalam sambutannya Halili Yasin berharap para anggota DPRD yang baru disumpah tersebut bisa maksimal menyampaikan aspirasi yang diberikan rakyat, dan bisa menjalankan tugas mulia tersebut dengan sebaik-baiknya, dengan dilandasi keikhlasan hati serta tetap menjunjung tinggi prinsip demokrasi.

Pada kesempatan itu pula Halili Yasin, atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Pamekasan periode 2019-2024 mohon diri serta mohon maaf atas segala kekurangan dalam melaksanakan tugas. Dia mengaku karena kemampuan terbatas akan banyak kekurangan yang terjadi selama menjalankan tugas.

Sesuai dengan ketentuan, sebelum alat- alat kelengkapan DPRD Pamekasan tersusun lengkap, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara, yang memiliki tugas memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib dan memproses penetapan pimpinan DPRD.

Pimpinan sementara DPRD terdiri dari satu orang ketua, dan satu orang wakil ketua yang berasal dari Parpol yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD Pamekasan. Kebetulan partai politik peraih kursi terbanyak pertama adalah PPP dan yang terbanyak kedua adalah PKB.

Berdasarkan surat pengajuan dari DPC PPP dan DPC PKB Pamekasan, ditetapkan pimpinan sementara DPRD Pamekasan adalah Halili Yasin, mantan Ketua DPRD Pamekasan dari PPP yang kini terpilih kembali. Sedangkan Wakil Ketua DPRD sementara adalah Mokasim dari PKB.

Dalam sambutannya setelah ditetapkan kembali menjadi Ketua DPRD sementara Pamekasan Halili Yasin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pamekasan yang telah memberikan kepercayaan kembali menjadi wakil rakyat.

“Kami punya cita-cita mulia dan tentunya cita-cita tersebut bisa dicapai, apabila seluruh komponen pemerintah dan masyarakat secara tulus memberikan dukungna kepada kami. Oleh karena itu dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen pemerintah dan masyarakat sangat kami butuhkan,” katanya. (mas)

baca juga :

Liga 1: Aji Waspadai Kekuatan Persita

Redaksi Global News

Gelar Dialog Lintas Agama, Indonesia dan Rusia Tekankan Toleransi dan Keharmonisan

gas

Liga Champions: Ditahan Spurs 0-0, AC Milan Tetap Lolos ke Perempat Final