Global-News.co.id
Nasional Utama

Puncak Harlah 1 Abad NU: Digelar Hari Ini di Stadion Delta Sidoarjo

SIDOARJO (global-news.co.id) – Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) menggelar acara puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023) hari ini.

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah. Tandanya, NU akan mencapai usianya yang 1 Abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023.

Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan mengatakan panitia telah menyiapkan beragam kegiatan selama 24 jam nonstop.

Puncak Harlah 1 Abad NU akan diisi kegiatan mulai dari yang bersifat ritual keagamaan, resepsi puncak harlah, karnaval Nusantara, panggung hiburan rakyat, hingga bazar UMKM.

“Jadi, silakan datang. Ramaikan. Tidak ada syarat mesti pakai gelang. Memang ada ketentuan khusus bagi undangan tertentu ketika melibatkan kehadiran Presiden atau Wakil Presiden,” kata Rahmat dalam keterangannya.

Puncak Harlah 1 Abad NU sudah dimulai dengan kegiatan ritual keagamaan dengan qiyamul lail yang dimulai sejak Selasa pukul 00.00 WIB dini hari tadi. Kegiatan ini diisi dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga salat berjamaah dan solawat bersama Habib Syech.

Sementara itu, pada pagi harinya sekitar pukul 07.00 WIB akan diisi dengan agenda formal puncak resepsi 1 Abad NU. Kegiatan ini akan diisi dengan istigasah kubro dan pelbagai pidato.

Mulai pidato dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, khotbah iftitah dari Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, sambutan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dijadwalkan hadir.

Untuk memeriahkan, akan ada penampilan marching band dan iringan musik orchestra yang dipimpin Addie MS. Kemudian dipadukan dengan koreografi ciptaan Denny Malik yang dibawakan 12.000 anggota Banser, serta penampilan Qosimah dan Woro Widowati.

Dalam kesempatan itu juga, ada pembacaan rekomendasi Muktamar Internasional Fikih Peradaban yang diserahkan Gus Yahya kepada Presiden Joko Widodo.

Selain itu, ada pula agenda khusus untuk menandai masuknya NU ke abad kedua akan dilakukan oleh Presiden Jokowi, Miftachul Akhyar, dan Gus Yahya.

Tak berhenti sampai di situ, terdapat pula kegiatan dari siang hingga sore hari seperti Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest.

Sementara pada malam harinya, kegiatan hiburan rakyat bakal diisi sejumlah artis dalam dan luar negeri. Di antaranya Slank yang akan berkolaborasi dengan Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Tak ketinggalan terdapat musisi legendaris Indonesia, Rhoma Irama berkolaborasi dengan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, hingga Maher Zain yang akan berduet dengan Erick Thohir. (cnn, ins, snu)

baca juga :

Pengusaha Sambut Positif Kementerian Investasi, tapi Kewenangan Harus Ditambah

gas

Buntut Penjualan Seragam, Kepala SMAN 1 Tulungagung Dicopot

Dewan Minta Ada Pengawasan Ketat dalam Penggunaan Dana Rp 2,384 Triliun untuk Tanggulangi COVID-19 di Jatim