Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Laporan dari Malaysia: Perkuat Inovasi Produk Riset, UB dan UNISMA Kunjungi Industri Kosmetik Rizuara Biotech Bhd, Sabah

Delegasi dari Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, serta Fakultas Peternakan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang mendapat penjelasan dari tim Rizuara Biotech Bhd.

 

KINIBALU (global-news.co.id) –
Rizuara Biotech Bhd salah satu pengembang dalam industri kosmetik yang berbasis di Kinibalu, Sabah, Malaysia, baru-baru ini menyelenggarakan program kunjungan industri internasional. Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi dari Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, serta Fakultas Peternakan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dari Indonesia. Salah satunya Universitas Islam Malang atau Unisma.

Kunjungan ini bertujuan untuk menunjukkan inovasi terbaru dalam pemanfaatan produk hasil ternak dan hasil laut untuk pembuatan kosmetik serta proses pengembangan bisnisnya.

Rizuara Biotech Bhd, yang dikenal dengan komitmennya terhadap keberlanjutan dan kualitas, mengeksplorasi proses produksi dan teknologi yang mendasari berbagai produk kosmetik mereka. Bisnis dikembangkan dengan menyediakan produk yang bersifat custom (sesuai keinginan mitra bisnis) dengan pasar di Malaysia dan beberapa negara, terutama di ASEAN.

Selama kunjungan, peserta diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses produksi, dari pemilihan bahan baku hingga pengolahan akhir. Diskusi mendalam mengenai pemanfaatan bahan alami dari sumber ternak berbasis hasil lebah seperti madu, propolis serta royal jely dan laut seperti pemanfaatan rumput laut membuka wawasan baru tentang potensi pengembangan produk kosmetik berbasis bahan alami serta konsep bisnis yang dikembangkan.

Di sela-sela acara kunjungan, Dr. Agus Susilo dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, menyatakan, “Pengalaman ini sangat berharga. Kami dapat memahami bagaimana produk hasil ternak diolah menjadi bahan kosmetik berkualitas tinggi, yang tentunya akan mempengaruhi penelitian dan pengembangan di bidang kami.”

Sementara itu, Prof. Dr. Asep Awaluddin Prihanto dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya menambahkan, “Kami terkesan dengan bagaimana bahan hasil laut digunakan dalam kosmetik. Ini memberikan kami perspektif baru dan ide-ide inovatif untuk riset kami di masa depan.”

Dr Dewi Masithoh selaku akademisi dari Fakultas Peternakan Univeraitas Islam Malang dan juga praktisi dalam industri perlebahan, menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Bahkan dia berencana mengembangkan usahanya berbasis bahan alami.

Dr Noor Shodiq Askandar, yang juga dari UNISMA, kemudian melanjutkan, dengan belajar pengembangan dan proses produksi serta manajemen usaha. “Kita bisa mendapatkan insight baru dalam pengembangan bisnis yang bisa juga dikembangkan di Indonesia,” katanya di sela-sela acara kunjungan, Rabu (21/8/2024)

Direktur Rizuara Biotech Bhd, Miss Jackquiline Vincent, dalam kegiatan tersebut mengajak keliling di dalam pabriknya serta menjelaskan proses pembuatan kosmetik yang memenuhi standar yang ditetapkan.

“Beliau juga menawarkan pengembangan produksi produk hasil riset yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang berbahan alami agar dapat terjangkau masyarakat,” kata Noor Shodiq yang juga Wakil Rektor Unisma.

Dr Rovina Kobun dari Faculty of Food Science and Nutrition, Univeraity Malaysia Sabah, mengemukakan bahwa Industry international program merupakan salah satu bentuk kepedulian bagaimana peran perguruan tinggi beriringan dalam pengembangan riset yang bermanfaat. Saling berbagi pengalaman dalam pengembamgan produk akan memperkuat kemajuan berbasis inovasi.

Program ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama internasional antara institusi akademik dan industri serta mendorong inovasi dalam penggunaan sumber daya alam lokal untuk kosmetik. Rizuara Biotech Bhd berharap kunjungan ini akan menjadi landasan untuk kolaborasi lebih lanjut dan kontribusi yang signifikan dalam industri kosmetik global. (gas)

baca juga :

Perkuat Kemitraan dengan Pelanggan, SIG Gelar Retailer Gathering

Redaksi Global News

FIFA Matchday: Indonesia Bermain 0-0 Lawan Palestina

Jelang Pelantikan Biden, Trump Murung di Hari Terakhir di Gedung Putih

Redaksi Global News