Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

DPRD Surabaya Dorong Pemkot Optimalkan Pelaksanaan Perda CSR

Camelia Habibi Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Komisi A DPRD Surabaya bidang Hukum dan Pemerintahan, menggelar rapat koordinasi bersama Bagian Hukum dan Kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility (CSR).

“Kami mendorong pemerintah kota mengoptimalkan pelaksanaan Perda CSR,” ujar Camelia Habibi Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya selaku pimpinan rapat, Selasa (6/6/2023) usai rapat.

Politisi perempuan asal fraksi PKB ini mengatakan, hal itu bertujuan untuk membantu masalah perekonomian dan masalah sosial yang ada di Kota Surabaya.

“Kami juga ingin mendorong semangat kerjasama untuk mengingatkan stakeholder (perusahaan) yang ada di Kota Surabaya,” tutur Camelia Habibi yang akrab disapa Habiba ini.

Menurut dia, stakeholder atau perusahaan ini tidak hanya mencari rezeki saja, tetapi juga wajib turut peduli membangun Kota Surabaya, baik secara ekonomi maupun sosial. “Kewajiban kewajiban seperti itu harus diingatkan oleh pemerintah kota,” imbuh Habiba.

Bantuan CSR dari stakeholder atau perusahaan yang dirasa menurun yang menjadi perhatian ini, dan Komisi A akan mengundang rapat kembali pada minggu depan

“Kami juga ingin mendengar masukan dari sisi mereka (stakeholder atau perusahaan). Sehingga, apa yang membuat mereka kurang ada cinta untuk warga Kota Surabaya. Sehingga kita nanti mencarikan solusi bareng-bareng,” tutur Habiba.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Sidharta Praditya Revienda Putra mengatakan, Komisi A meminta informasi terkait pelaksanaan CSR di tahun 2022 sampai 2023 dari perusahaan yang disalurkan melalui pemerintah kota Surabaya.

Berdasarkan data nilai nominal CSR dari perusahaan, ia menyebut jika di tahun 2022 kurang lebih Rp 312 miliar lebih. “Sedangkan di tahun 2023 ini masih Rp 200-an juta koma sekian,” ungkap Sidharta

Ia menjelaskan, CSR ini merupakan inisiatif dan tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan yang ada di Kota Surabaya. “kita juga sudah punya Perda-nya,” lanjut Sidharta

Sehingga jika ada perusahaan yang ingin memberikan CSR, pihaknya juga akan melakukan pendataan untuk penyalurannya. “Misalkan yang saya ingat itu dari Bank Jatim menyumbang alat komputer berkaitan untuk pelayanan administrasi kependudukan,” ujar Sidharta. (pur)

baca juga :

Tanpa Rasa Takut, Risma Punguti Sampah di Antara Massa Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law

Redaksi Global News

Mulai 16 Agustus Banyuwangi Terapkan PTMT 50 Persen

Redaksi Global News

Gol Ricky Fajrin di Injury Time Bawa Bali United Tekuk Persipura

Redaksi Global News