Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Walikota Surabaya Fasilitasi Pengembangan Penelitian Pelajar SD-SMP

Walikota Surabaya Eri Cahyadi akan memfasilitasi Pengembangan Penelitian Pelajar SD-SMP di Surabaya 

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan siap memfasilitasi pengembangan hasil penelitian pelajar SD dan SMP, khususnya yang ditampilkan di acara “Penelitian Belia Siswa SD-SMP”.

“Hasil penelitian ini nanti ada lomba dinilai setelah itu hasil penelitiannya akan dikembangkan,” kata Cak Eri, sapaan akrabnya, di Komplek Balai Pemuda Surabaya, Rabu (3/5/2023).

Langkah itu sengaja diambil guna memberikan motivasi kepada anak-anak di Kota Surabaya agar lebih giat menelurkan inovasi pada bidang apapun.

Menurut dia, setiap penelitian yang dilakukan oleh para pelajar Kota Surabaya bertujuan untuk melatih kreativitas masing-masing.

Oleh karenanya, pengembangan hasil penelitian juga dimaksudkan untuk memberikan porsi dan ruang lebih bagi para pelajar ikut dalam upaya pembangunan kota.

“Jadi kalau tadi ada pupuk, kami akan kembangkan dan kami coba besarkan melalui laboratorium, hasilnya bisa digunakan. Kami akan coba, karena tidak mungkin semua tidak dicoba,” ujarnya.

Kendati demikian, sebelum dikembangkan hasil karya pelajar yang mengikuti “Penelitian Belia Siswa SD-SMP” bakal terlebih dahulu dilakukan penilaian dan pendalaman lanjutan.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, hasil penelitian terbaik bakal memasuki tahap pengembangan.

“Juri akan melihat dan yang terbaik akan diambil di laboratorium, hasilnya akan kami pakai di lingkungan pemerintah kota dan masyarakat Surabaya,” katanya.

Di sisi lain, Cak Eri menyebut penelitian para pelajar SD dan SMP merupakan alarm bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota agar mampu lebih berkreasi dan mengeksplorasi kemampuannya berinovasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya ingin menunjukkan bahwa anak SD saja mampu menciptakan sesuatu, anak SMP mampu menciptakan sesuatu, yang tuwo-tuwo (tua-tua) pegawai pemerintah kota senengane nang kantor (sukanya di kantor),” ucap dia.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh menyatakan setiap guru di Kota Surabaya wajib memberikan dukungan setiap upaya pembuatan karya penelitian para siswa dan siswinya.

“Saya sampaikan ke teman-teman guru, sekecil apapun ide anak harus diapresiasi. Jangan mengecilkan anak-anak, masa depan harus diantarkan terus dan guru membebaskan harusnya,” kata dia. (pur)

baca juga :

Jelang PSBB, Bupati Gresik Siapkan Bantuan Sembako

Redaksi Global News

Komisi E Minta Tindak Tegas Pemalsu Dokumen Domisili PPDB SMA/SMK di Jatim

Pemkab Blora Gandeng APH Kawal Pengadaan Barang dan Jasa

Redaksi Global News