Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Pantura Utama

Tingkatkan Perekonomian Desa, Warga Tuban Dilatih Ternak Ikan Air Tawar

Sejumlah warga Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban mendapat ilmu tentang budi daya ikan air tawar

TUBAN (global-news.co.id) – Sejumlah warga Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban mendapat ilmu tentang budi daya ikan air tawar sebagai salah satu upaya menyejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dalam siaran pers diterima, Sabtu (13/5/2023) pagi, warga juga diberikan pengetahuan sekaligus penyuluhan berupa pelatihan dari tim riset asal asal salah satu universitas terkemuka di Malang.

“Kami menggelar kegiatan ini agar masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk beternak ikan air tawar, seperti lele atau udang,” ujar Korwil Kiai Muda Jawa Timur (KMJT) Ali Baidlowi selaku penyelenggara pelatihan.

KMJT merupakan salah satu kelompok relawan fokus menyebarkan kegiatan-kegiatan positif bagi warga yang terinspirasi dari figur Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon Presiden RI, Ganjar Pranowo.

Gus Ali, sapaan akrabnya, budi daya ikan air tawar ini juga bisa menjadi pekerjaan alternatif atau sampingan bagi para warga karena cukup menguntungkan.

Dalam kesempatan sama, pihaknya memberikan 10 ribu benih lele yang nantinya diharapkan bisa memberikan keuntungan Rp3-4 juta dalam masa panen.

Gus Ali berharap melalui pelatihan tersebut masyarakat bisa mandiri membudidayakan ikan air tawar sehingga mampu menjadi pioner untuk bersama-sama menjadi peternak ikan air tawar.

Sementara itu, salah seorang peserta, Warsono, menyampaikan warga setempat antusias dan tertarik untuk menjadi peternak ikan dengan harapan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Terus terang saya tergugah untuk membudidayakan ikan air tawar, terutama ikan lele. Saya bersama teman-teman di sini sangat tertarik,” katanya.

Khusus kepada Ganjar Pranowo, Warsono juga berharap ketika dipercaya dan diberi amanah untuk memimpin bangsa mendatang, diharapkan semakin memperhatikan para peternak ikan, terutama pembudidaya air tawar. (ntr, ins)

baca juga :

Rumah Bersalin Sarongan Banyuwangi Beroperasi, Hasil Gotong Royong

Pilgub Jatim 2018: Azwar Anas Mundur, Risma Disebut Sebagai Pengganti?

Redaksi Global News

Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Ungkap Kurir Narkoba

Redaksi Global News