Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Resmi Buka JMS 2023, Khofifah Dorong Industri Media asal Jatim Naik Kelas

 

Para peserta JMS 2023 foto bersama usai pembukaan

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong perusahaan media daring daerah terus mengembangkan diri, update teknologi dan menguatkan jejaring agar bisa naik kelas dan bersaing dalam skala nasional. Sebab hingga kini, media daring yang paling banyak diakses masyarakat sebagian besar berbasis di Ibukota Jakarta.

“Saya harap pelaku industri media di Jatim dapat memanfaatkan ajang Jatim Media Summit 2023 ini semaksimal mungkin untuk update teknologi, meningkatkan pengetahuan dan menguatkan jejaring agar bisa bersaing di skala nasional,” kata Gubernur Khofifah saat membuka Jatim Media Summit 2023, Rabu (24/5/2023) sore.

Pembukaan ajang Jatim Media Summit (JMS) 2023 juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro, CEO Beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto dan CEO Suara.com Suwarjono.

Khofifah ingin media siber yang berbasis di Jatim bisa turut menjadi poros di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia dengan didukung pengetahuan teknologi informasi yang mumpuni.

Dia mengungkap, merujuk catatan Dewan Pers hingga November 2022 di Jatim ada 132 media dari total 1.732 media yang terverifikasi. Namun berdasarkan laporan Digital News Report 2022 yang dirilis Reuters Institute, media daring yang paling banyak diakses masyarakat sebagian besar berbasis di Ibukota Jakarta.

Secara umum, media traffic tertinggi yang berpusat di Jakarta bisa mencapai 170 juta pengakses. Sementara media traffic tertinggi di Jatim hanya mencapai 5 juta pengakses. Menurut Khofifah, ketimpangan ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, teknologi dan jaringan dalam pengelolaan antara media siber yang berpusat di Jakarta dan Jatim.

“Inilah yang coba ingin kita tingkatkan. Agar media daring di Jatim bisa naik kelas, menasional, bahkan mendunia. Ajang JMS akan memberikan penguatan kapasitas secara personal maupun institusional,” tuturnya.

Khofifah kembali menegaskan bahwa saat ini perlu adanya transformasi besar untuk pengembangan media di Jatim. “Prinsipnya, kita harus beradaptasi terhadap transformasi dunia,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, CEO Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto menjelaskan ratusan peserta mengikuti acara tersebut secara langsung maupun mengikuti via online. Dia juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap kegiatan yang digelar selama dua hari ini bermanfaat bagi Jawa Timur.

“Kegiatan ini mendapat support 130an peserta, mulai dari Papua, Makassar, Jawa Tengah, termasuk Jawa Timur sendiri. Tak hanya datang langsung, ada peserta yang mengikuti acara ini melalui online,” ujar pria yang akrab disapa Luki, Rabu (24/5/2023).

Sementara itu, CEO Suara.com, Suwarjono juga turut memberikan sambutan di depan peserta. Di kesempatan ini, Suwarjono cukup senang bisa datang langsung ke Surabaya, dan mengajak para peserta yang mayoritas dari media lokal untuk bisa maju bersama-sama mengatasi tantangan media saat ini.

“Kami senang bisa ikut hadir di Surabaya, untuk sharing dan buka-bukaan apa yang terjadi di dunia media saat ini,” ujarnya.

Dalam acara ini, Jono – sapaan akrab Suwarjono juga memberikan contoh satu tokoh dunia yang berani mengambil tantangan mengambil alih salah satu media yang hampir bangkrut, namun setelah diambil alih dan dirombak, berhasil menjadi perusahaan yang maju.

“Dia memindahkan perusahaan yang awalnya publisher menjadi teknologi, dan mengubah media yang awalnya lokal menjadi media global dengan mengoptimalkan teknologi,” ucap Jono.

Di sini, Suwarjono akan mengajak buka-bukaan permasalahan, agar media yang ada di Jawa Timur berkembang berbarengan. “Selama dua hari ini akan buka-bukaan membicarakan cara membesarkan media. Bagaimana caranya konten kita disebar ke semua aplikasi yang dipakai oleh generasi yang sekarang, bagaimana solusi bisa bangkit bersama-sama,” ujarnya.

Acara yang diinisiasi Beritajatim.com, Suara.com bersama International Media Support (IMS) digelar dua hari, Rabu dan Kamis (24-25/5/2023) di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya. Kegiatan ini juga mengundang para pemangku kepentingan media, pelaku start up, serta menggelar berbagai sesi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola media siber, baik dari sisi teknologi, bisnis model, cara mendapatkan investasi, distribusi dan pengelolaan konten-kontennya. (tis, eno)

baca juga :

Polisi Usut Pelaku Bully yang Viral di Medsos

Libur Panjang, Jalur Keluar-Masuk Kota Mojokerto Diperketat

Redaksi Global News

PLN Sambung Listrik 1.250 Keluarga Pra Sejahtera di Sumenep

Redaksi Global News