Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Musim Haji 2023, PPN Jatimbalinus Siapkan Avtur Khusus Angkutan Haji 8.500 KL dari Bandara Juanda

Mobil tangki Pertamina melakukan pengisian bahan bakar pesawat (Avtur) Saudi Arabia Airlines yang ditumpangi calon haji Jawa Timur Embarkasi Surabaya di Bandar Udara Internasional Juanda

SURABAYA (global-news.co.id) – Pertamina Patra Niaga (PPN) wilayah Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menyiapkan 8.500 Kilo Liter (KL) avtur untuk pesawat yang mengantar calon jemaah haji dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo tahun ini.

Taufiq Kurniawan Section Head Communication and Relations Pertamina Patra Niaga di region Jatimbalinus, Taufiq Kurniawan jumlah tersebut diberikan kepada 85 maskapai yang mengantar sesuai kelompok terbang (kloter). “Jadi per kloter atau maskapai mendapatkan 100 KL dari pengisian di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Untuk musim haji 2023 ini, dari Juanda tercatat ada 85 kloter, sehingga kami sediakan jumlah tesebut,” kata Taufiq, Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan, penyaluran avtur ke maskapai dilakukan sebelum calon jemaah haji tiba di bandara, di mana pesawat harus siap termasuk harus sudah full tank sebelum berangkat ke Riyadh, Arab Saudi. “Penyaluran dimulai pada 24 Mei ini, atau pagi saat kloter pertama terbang hingga kloter terakhir pada 22 Juni 2023,” jelas Taufiq.

Sementara kepulangan jemaah akan dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. Untuk kepulangannya, maskapai Saudi Arabia Airlines juga akan mendapatkan avtur dalam jumlah yang sama saat akan kembali ke Arab Saudi. “Jadi saat pulang nanti juga akan mendapatkan avtur saat mereka mengantar jemaah haji kembali ke Juanda Surabaya. Jumlahnya pun sama, sesuai dengan kloter, yaitu 8.500 KL,” ungkap Taufiq.

Jumlah itu diakui mengalami peningkatan yang cukup besar dibanding musim haji 2022 lalu, karena masih adanya pembatasan melalui berbagai syarat bagi calon jemaah haji akibat pandemi Covid-19.
Menurut Taufiq, musim haji tahun 2022 lalu yang melalui bandara Juanda Surabaya hanya 38 kloter.

“Sehingga tahun lalu hanya 3.800 KL dan tahun ini naik menjadi 8.500 KL untuk sekali penerbangan tujuan. Kalau pulang pergi hingga Agustus nanti, konsumsi avtur khusus berangkat dan pulang haji total mencapai 17.000 KL,” kata Taufiq.

Pihaknya juga memastikan stok dan pasokan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Juanda aman. Tidak hanya untuk maskapai yang memberangkatkan haji saja, namun juga untuk maskapai penerbangan yang melayani penerbangan umum lainnya. (tis, fan)

baca juga :

Proliga 2023: Samator Libas Pertamina Berkat Racikan Jitu Pelatih asal Jepang

Redaksi Global News

Puncak Hari Santri di Surabaya, Nabila Dewi Gayatri Pameran Tunggal Drawing ‘Owah Gingsir’

Redaksi Global News

Program Rutilahu, Pemkab Sidoarjo Bedah 340 Unit Rumah

Redaksi Global News