Global-News.co.id
Nasional Utama

Muhammadiyah Jatim Pastikan Idul Fitri 1444 H Jatuh pada 21 April

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr dr Sukadiono, MM

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr dr Sukadiono, MM, memastikan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

“Kami sesuai dengan maklumat, Insya Allah 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 21 April 2023,” ujar Suko ditemui di Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Kamis (13/4/2023).

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah agar tetap mengikuti Maklumat Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah tersebut.

“Artinya, melaksanakan Salat Id (Idul Fitri) pada tanggal tersebut. Pertimbangan dari ijtihad yang kami lakukan, yang dilakukan oleh perserikatan Muhammadiyah,” kata Suko yang juga Rektor UM Surabaya tersebut.

“Perhitungan secara hisab hakiki wujudul hilal. Wujudul hilal itu artinya asal hilal sudah wujud lebih dari nol derajat, itu berarti hilal sudah wujud,” tambahnya.

Ia menambahkan, warga Muhammadiyah juga diimbau tetap menjaga dan menghormati perbedaan. Artinya, meskipun jika nantinya terdapat perbedaan hari, tetap menjunjung toleransi.

“Tidak perlu menyalahkan yang mungkin berbeda hari, yang lebih penting tetep menjaga kebersamaan, kita ingin guyub rukun, apalagi ini tahun politik, saya kira kita tidak ingin diadu domba karena perbedaan hari raya saja,” ujar Suko. (ntr, pur)

baca juga :

Kota Surabaya Siap Terapkan KTP Elektronik Digital

Redaksi Global News

Barito Putera Diselimuti Rasa Malu Usai Kalah Telak

Sambut Piala Dunia U-17, Pemkot Surabaya Siap Pasang Pernak-pernik

Redaksi Global News