Global-News.co.id
Secangkir Kopi

Ketersediaan Sembako

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Idul Fitri sembilan bahan pokok (sembako) selalu bergerak naik. Hal ini tidak terlepas dari bergeraknya pula kebutuhan sembako oleh anggota masyarakat untuk memperingati hari raya umat Islam tersebut. Kenyataan ini sudah pasti merepotkan para emak-emak untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka memperingati Idul Fitri.

Pekerjaan tahunan ini bagi pemerintah memang tidak mudah. Ini terkait dengan supplay and deman. Karena itu ketersediaan stok menjadi penting untuk mengatasi hal tersebut. Di sini, pemerintah mempunyai tanggungjawab agar gejolak sembako dapat diatasi. Apalagi pada saat ekonomi yang baru bangkit akibat pandemic covid-19 ini. Di siani pemerintah kehadirannya memang dibutuhkan. Dengan harapan ketersediaan stok dapat terjaga, sehingga tidak menimbulkan gejolak harga di pasaran

Langkah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terus melakukan peninjauan ketersediaan serta cek harga bahan pokok di Jawa Timur memang harus menjadi perhatian kita. Setelah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pamekasan, hari ini, Selasa (4/4/2023), giliran Pasar Legi Kabupaten Ponorogo yang ditinjau langsung oleh Gubernur Khofifah. Gubernur Khofifah memastikan bahwa peninjauan pasar yang telah dilakukan diberbagai daerah di Jatim ini merupakan upaya untuk mendapatkan konfirmasi kaitan ketersediaan bahan pokok jelang cuti bersama dan Hari Raya Idul Fitrri 1444 H.

Keinginan gubernur yang ingin betul-betul memastikan bahwa stok dan ketersediaan bahan pokok di Jatim aman dan juga lancar distribusinya serta harganya terkendali memang harus mendapat apresiasi kita. Gubernur Khofifah mengatakan, harga beras medium masih dalam kondisi stabil di harga Rp 10.400. Kemudian untuk beras premium, ia menyampaikan bahwa harga kisarannya masih dalam range HET (Harga Eceran Tertinggi).”Rata-rata harganya Rp. 12.000. Ini masih normal bahkan dibawah HET untuk beras premium,” ujarnya

Untuk harga daging, telur, cabai rawit dan cabai keriting, serta bawang-bawang secara keseluruhan dalam pantauan harga normal. Harga daging saat ini Rp. 120.000, kemudian telur pada kisaran Rp. 26.000/kg. Untuk cabe rawit dan cabe keriting berada di harga Rp. 27.000- Rp. 28.000/kilogram.

Dengan harga tersebutmudah-mudahan semua masyarakat bisa menjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat menjelang lebaran dan masyarakat bisa bersukacita bahagia karena bisa memenuhi berbagai kebutuhan dalam rangka menyambut Idul Fitri dan juga cuti bersama lebaran nanti. (*)

baca juga :

Peluang Baru, NFT

Redaksi Global News

Jangan Mudik Ya…!

gas

Dollar Makin ‘Galak’

Redaksi Global News