Global-News.co.id
Cahaya Ramadhan Metro Raya Utama

Salat Tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya, 70 Persen Jamaah Didominasi Remaja

Pelaksanaan salat tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya, 70 persen jamaah didominasi remaja

SURABAYA (global-news.co.id) – Antusiasme masyarakat, khususnya anak muda mengikuti pelaksanaan Salat Tarawih hari pertama di Masjid Nasional Al Akbar Kota Surabaya, Jatim, terbilang besar, tercatat 70 persen jemaah berasal dari kalangan remaja.

“Mayoritas Gen Z, remaja-remaja hampir 70 persen,” kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor, Rabu (22/3/2023).

Menurut dia, jumlah jamaah yang hadir untuk menjalankan ibadah Salat Tarawih di Masjid Al Akbar mencapai 15 ribu orang lebih. Jamaah tak hanya melaksanakan ibadah di dalam ruang utama Masjid Al Akbar, namun hingga memadati area pelataran.

Pelaksanaan Salat Tarawih di sana dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dengan jumlah 23 rakaat. Ibadah di bulan Ramadhan tersebut dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya KH Abdul Hamid Abdullah.

“15 ribu lebih (jemaah), karena hitungannya di ruang dalam penuh dan sampai meluber di halaman air mancur,” ucapnya.

Pihak Masjid Al Akbar, kata dia, sudah memprediksi tingginya animo masyarakat dengan menyiagakan petugas dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi apabila ada jemaah yang sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan. “Alhamdulillah pengamanan juga sudah maksimal, kami kerahkan tiga paramedis dan dua ambulans juga,” katanya.

Helmy menyebut, pelaksanaan ibadah pada Ramadhan tahun ini tak menerapkan pembatasan, seperti tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19 yang mulai mereda. “Normal, tidak ada batasan apapun,” ujarnya.

Helmy mengimbau, masyarakat untuk tetap memperhatikan keamanan barang-barang bawaannya selama menjalankan ibadah Ramadhan.

“Sandal dimasukkan (tempat khusus) yang ada di area masjid, memasukkannya ke dalam tas. Tujuannya setelah salat tidak bingung cari sandal, karena luas. Infak ada yang manual dan QRIS (digital),” ucapnya.

Sekadar diketahui, 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3/2023), usai pemerintah pusat menggelar pelaksanaan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) hari ini. (pur, ntr)

baca juga :

Diresmikan Jokowi, Bendungan Tukul untuk Perkuat Ketahanan Pangan dan Air

Titis Global News

Saham Dibeli Bank Thailand, Saham Bank Maspion Melonjak

Redaksi Global News

Pemerintah Kaji Usulan Bulog untuk Impor Gula 200.000 Ton

Redaksi Global News