Global-News.co.id
Sport Utama

Proliga 2023: Tim Putra LavAni Pertahankan Gelar Juara

Tim Putra LavAni sukses memertahankan gelar juara Proliga 2023

JOGJAKARTA (global-news.co.id) – Juara bertahan tim putra Jakarta LavAni Allo Bank berhasil mempertahankan gelar setelah mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor 3-2 (25-22, 22-25, 24-26, 25-21, 15-9) dalam laga final PLN Mobile Proliga 2023 di GOR Amongrogo Jogjakarta, Minggu (19/3/2023) malam.

LavAni menyamai prestasi Jakarta BNI dan Surabaya Samator sebagai tim putra yang pernah dua kali beruntun menjuarai Proliga. Jakarta BNI membukukan pada musim 2005 dan 2006, Samator pada musim 2018 dan 2019.

Dibanding saat menjuarai Proliga musim lalu, gelar yang diraih Dio Zulkifli dan kawan-kawan pada tahun ini lebih spektakuler karena hanya mengalami sekali kekalahan sepanjang musim kompetisi.

Satu-satunya tim yang berhasil menundukkan LavAni adalah Jakarta Bhayangkara Presisi, tim yang menjadi lawannya di partai puncak. Kekalahan itu terjadi pada putaran pertama babak reguler dan sekaligus membawa Bhayangkara Presisi menjadi yang terbaik.

Namun, setelah itu, sejak putaran kedua hingga grand final, dominasi LavAni tidak pernah lagi bisa dihentikan lawan-lawannya hingga sukses mempertahankan gelar juara.

Bhayangkara Presisi mengusung misi menjegal ambisi LavAni merebut juara dengan melakukan persiapan lebih maksimal menghadapi laga final. Pengalaman pernah menang pada babak sebelumnya menjadi modal Nizar Julfikar dan kawan-kawan meladeni LavAni. Hal itu benar-benar dibuktikan Bhayangkara Presisi.

Sempat tertekan dan kalah pada set pertama, tim asuhan Reidel Alfonso Gonzales Toiran itu bangkit dengan bermain lebih solid pada set kedua dan menang 25-22 untuk menyamakan kedudukan.

Permainan Bhayangkara masih tetap agresif pada set ketiga. Daudi Okelo, Rendy Tamamilang, Gareth Muagututia, Yudha Mardiansyah, dan Hernanda Zulfi bahu-membahu menekan dan bertahan.

Mereka akhirnya berhasil membalikkan keadaan saat memenangi set kedua dengan skor ketat 26-24. Namun, keunggulan itu tak sepenuhnya mulus saat memasuki set keempat karena LavAni ternyata bangkit.

Dengan permainan dan kerja sama tim yang lebih solid, serta mengurangi kesalahan, sang juara bertahan kembali mendikte permainan Bhayangkara dan menang 25-21.

Penampilan on fire LavAni berlanjut pada set penentuan saat mereka memimpin 10-5, kemudian 12-7, dan menutup laga dengan kemenangan 15-9.

“Ini kemenangan yang tidak mudah dan kami sangat bersyukur bisa kembali merebut juara,” kata Asisten Pelatih Jakarta LavAni Allo Bank Samsul Jais usai upacara penyerahan piala dan hadiah.

Sementara itu, pemain Jakarta LavAni Fahri Septian juga menyatakan sangat bahagia dan bersyukur bisa membantu timnya memenangi gelar Proliga musim ini.

“Kemenangan ini berkat kerja keras semua pemain dan jajaran pelatih, serta juga dukungan dari para pengurus klub LavAni, terutama Bapak Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Fahri yang menyabet gelar pemain terbaik. (ntr, ins)

baca juga :

Penghujung Tahun 2021, Walikota Eri Gelar Pelantikan Massal

Redaksi Global News

Serentak 17 Kabupaten/Kota Tanam Mangrove, Banyuwangi di Pulau Santen

BWF World Tour Finals: Segrup Jonatan, Kunlavut Beri Ancaman Serius

Redaksi Global News