Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Manajer Persebaya Ungkap Alasan Ditundanya Laga Kontra Arema FC

Pada gelaran Liga 1 laga Persebaya kontra Arema FC harus ditunda

SURABAYA (global-news.co.id) – Manajer Persebaya Yahya Alkatiri membeberkan alasan ditundanya laga kandang melawan Arema FC yang seharusnya diselenggarakan pada 5 Maret 2023.

“Ini laga high risk, jadi tidak mungkin kita melakukan pertandingan di stadion dengan akreditasi rendah, terlalu berisiko, kecuali ada yang mau bertanggung jawab,” kata Yahya dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

Menurut dia, pihak panitia penyelenggara (panpel) dari Persebaya juga sudah mengalkulasi terkait risiko-risiko yang akan terjadi jika pertandingan diselenggarakan di stadion akreditasi rendah.

Selain itu, dirinya berharap agar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dapat mengambil keputusan terkait laga-laga yang ditunda serta bersikap profesional.

“Surat kita tertanggal 23 Februari di PSSI belum dibalas, begitu juga LIB surat kita tanggal 25 Februari juga belum dibalas, kalau kita berbicara profesional harusnya surat dibalas dengan surat, tidak dibalas dengan lisan,” ujarnya.

Sementara itu, dipantau dari laman resmi LIB pada pukul 21:24 WIB, penyelenggara kompetisi sepakbola Indonesia tersebut mengeluarkan pernyataan terkait penundaan pertandingan yang bernomor 247 pada pekan ke-28 Liga 1 musim 2022/2023.

LIB telah mengomunikasikan dengan kedua tim melalui surat yang bernomor 084/LIB-KOM/III/2023.

Dalam surat permohonan yang dikirim klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik tidak memberikan izin pemakaian Stadion Gelora Joko Samudro.

Kemudian, Panpel Persebaya juga telah berupaya untuk memindahkan laga ke stadion Gelora Bung Tomo dengan berkomunikasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan juga bersurat ke PSSI, namun hingga Selasa (28/2) belum ada jawaban.

Selain itu, pertimbangan lainnya berasal dari surat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) dengan nomor B/2370/II/YAN 2.1/2023/Ditintelkam perihal permohonan perubahan lokasi dan jadwal pertandingan Persebaya melawan Arema FC.

Oleh karena itu, Direktur Utama LIB Ferry Paulus menyatakan pertandingan klub yang berjuluk Bajul Ijo tersebut melawan Arema FC akan dijadwalkan kembali. “Penentuan tanggal pertandingan berikutnya, akan kami informasikan kemudian,” kata Ferry. (sba, ins)

baca juga :

Vaksinasi Massal di Gelora 10 Nopember Ditargetkan 50 Ribu Sasaran per Hari

Titis Global News

Sekolah Kebangsaan di Surabaya, Digelar hingga Akhir Juni

Tiga Tewas Akibat Pikap Tertabrak KA Wijayakusuma di Probolinggo

Redaksi Global News