Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Komisi D Sikapi Masih Sering Terjadi Kekerasan Anak di Surabaya

Komisi D sikapi masih sering terjadi kekerasan anak di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Komisi D Bidang Pendidikan DPRD Kota Surabaya menyikapi masih sering terjadinya kekerasan anak di Kota Pahlawan, Jawa Timur, dalam kurun waktu satu bulan ini.

“Kami sangat menyayangkan sering terjadinya kekerasan pada anak dalam kurun waktu satu bulan ini. Padahal Kota Surabaya saat ini tengah berupaya mendapatkan predikat Kota Layak Anak Dunia,” kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah, Jumat (10/3/2023).

Seperti diketahui pada Selasa (7/3) telah terjadi pengeroyokan terhadap siswa kelas 9 SMPN 11 Surabaya. Akibatnya, anak berinisial MDDS ini harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit karena mengalami patah tulang tangan sebelah kiri, setelah dikeroyok belasan pelajar SMP dan SMA.

Sepekan sebelumnya, juga terjadi kekerasan pada anak di Rumah Aman milik Pemkot Surabaya. Diduga pelakunya adalah petugas Linmas yang berjaga di rumah tersebut.

Menindaklanjuti masalah ini, Komisi D DPRD Surabaya akan memanggil dan melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Surabaya dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya.

“Kami bersyukur karena masyarakat saat ini sudah berani angkat bicara mengenai apa yang terjadi. Jadi Pemkot Surabaya harus tanggap. Jangan sampai kejadian seperti ini terus terulang. Kondisi ini tentu mengganggu persiapan Surabaya untuk menjadi Kota Layak Anak Dunia,” kata dia.

Politikus asal PDIP itu juga meminta untuk meningkatkan peran Sekolah Arek Suroboyo (SAS) yang telah diluncurkan Walikota Surabaya pada November 2022.

SAS merupakan sekolah yang warganya memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, melalui upaya menciptakan ekosistem lingkungan sekolah aman, rekreatif, edukatif, dan kegotong-royongan yang berbasis potensi keunggulan sekolah. Program Pemkot ini sebagai upaya penguatan karakter siswa.

“Kami tidak ingin kekerasan pada anak ini terus terulang. Sampai kapan ini akan terus terjadi? Makanya kami akan panggil DP3APPKB membahasnya bersama. Di mana letak permasalahannya dan dicarikan solusi,” kata dia.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya telah memecat petugas Shelter Anak Berhadapan Hukum (ABH) di DP3A-PPKB Surabaya karena aniaya anak umur 17 tahun. Bahkan, Walikota ingin agar oknum petugas shelter yang terlibat itu dihukum sesuai aturan berlaku. (pur)

baca juga :

Pria Telanjang Nekat Terobos Masuk Istana

Redaksi Global News

BNI Garap Diaspora dan UMKM Ekspor Sekaligus

Redaksi Global News

Waspadai Gelombang Laut Jatim Capai 4 Meter

Redaksi Global News