Global-News.co.id
TNI

Doakan Para Leluhur, Majelis Dzikir dan Rutinan Munzalan Gelar Haul Akbar

MADIUN (global-news.co.id) – Ribuan jamaah menghadiri Haul Akbar Desa Dempelan yang bertepatan dengan malam Nisfu Sya’ban yang dilaksanakan oleh Majelis Dzikir dan Rutinan Munzalan Desa Dempelan yang bertempat di halaman Balai Desa Dempelan Madiun, Selasa malam (7/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Al Habib Hadi Bin Alwi Al Kaff dari Malang, Habib Husni Fahrudin, Wakil Bupati Madiun, Jajaran Muspika Madiun, jajaran Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan dari luar dan dalam Desa Dempelan.

Pembina Majelis Dzikir dan Rutinan Munzalan, Ustadz Usmanudin menjelaskan kegiatan Haul Akbar ini yang kali ketiga. Tahun sebelumnya dilaksanakan di masjid-masjid, untuk tahun ini (2023) ditempatkan di halaman Balai Desa. Sebagai rujukan, sebelum Haul Akbar, panitia melaksanakan pra Haul di mushola dan masjid yang ada di Dempelan.

” Dari jumlah jamaah yang hadir pada saat pra haul semakin hari semakin bertambah sehingga untuk puncak acara kita tempatkan di halaman Balai Desa.” jelasnya.

Dikatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk tawadlu dan taatnya kita sebagai generasi penerus terhadap para leluhur. Sehingga kita mendoakan para leluhur tersebut.

“Hal ini sebagai bentuk bakti kita terhadap para leluhur, yakni mendoakan. Namun yang utama adalah upaya pendekatan diri kita kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini luar biasa, juga sesuai dengan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Madiun yakni Berakhlak.

” Kegiatan ini diharapkan mampu membantu Pemerintah dalam mewujudkan visi misinya. Salah satunya adalah Berakhlak. Agar masyarakat Kabupaten Madiun berakhlak yang baik,” katanya mengapresiasi.

Menurutnya, adanya kita tentu adanya para leluhur. Agar tidak lupa dengan asal usul kita. Sudah sepatutnya bahkan menjadi kewajiban kita mendoakan mereka.

“Kami berharap kegiatan ini bisa dilestarikan setiap tahun,” harap Wabup Madiun Hari Wuryanto.

Sementara dalam taushiyahnya, Al Habib Hadi Bin Alwi Al Kaff dari Malang menekankan pentingnya taat dan patuh kepada kedua orang tua. Baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

” Rajin-rajinlah minta kepada Allah ampunan untuk orang tua,” perintah Al Habib Hadi kepada para jamaah.

Ditegaskan, berbakti kepada orang tua merupakan yang kedua setelah berbakti kepada Allah.

“Jangan pernah melakukan kesalahan kepada orang tua. Sehingga anak-anak tidak durhaka kepada kita,” tegasnya.

Selain itu, tunaikan janji orang tua selama masih hidup yang belum terbayarkan. Juga jangan putus hubungan dengan keluarga orang tua. Mulyakan juga sahabat-sahabat mereka.

” Kegiatan ini bertepatan dengan malam Nisfu Sya’ban, di mana Allah SWT menawarkan kepada hambanya untuk berdoa meminta apa saja. Marilah kita berdoa semoga Desa Dempelan lebih makmur, aman, tenteram ‘ Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur’,” pungkasnya. (her)

baca juga :

Jelang Berakhirnya TMMD Kodim Gresik, Program Pavingisasi Dikebut

Titis Global News

Anggota Satgas TMMD Tetap Semangat Aduk Pasir dan Semen

Komsos Hadirkan Persaudaraan Antara Satgas TMMD dan Warga